Masuk ADWI 2022, Menteri Sandiaga Kunjungi Desa Wisata Saba Budaya Baduy

- Jumat, 21 Oktober 2022 | 08:15 WIB
foto/net
foto/net

MoeslimChoice. Dalam rangkaian safarinya ke berbagai daerah penyandang Anugerah Desa Wisata Terbaik, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menyambangi Desa Kanekes Saba Budaya Baduy (Baduy luar), yang terletak di Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten pada Sabtu (15/10/2022) lalu. 

Desa tersebut, masuk ke dalam 50 Desa Wisata Terbaik program andalan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Dalam kunjungannya tersebut, Sandiaga Uno disambut oleh penampilan atraksi musik tradisional Angklung Buhun Baduy. Masyarakat dan jajaran pemerintahan setempat dengan penuh antusias menyapa Sandiaga. Yang kemudian, dilanjutkan menuju Imah Gede, yang menjadi lokasi presentasi pengelola desa wisata tersebut. 

Sandiaga Uno dan seluruh rombongan juga melihat produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) khas Desa Saba Budaya Baduy. 

Menparekraf sangat mengapresiasi kearifan lokal Baduy, yang menjadi kekuatan dan kekayaan masyarakat untuk membangkitkan sektor pariwisata. 

"Ini kearifan lokal. Mari dijaga kelestarian budayanya. Baduy ini adalah kekayaan kita. Mari sama-sama kita lestarikan dan kita jadikan ini untuk anak cucu kita," kata Menteri Sandiaga dalam siaran resmi, dikutip, Kamis (20/10/2022).

"Saya yakin ini adalah bagian dari pada penciptaan lapangan kerja. Target kami 1,1 juta lapangan kerja pada 2022 dan pada 2024 sebanyak 4,4 juta lapangan kerja baru," tambah Sandiaga. 

Sementara itu, Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengatakan, pemerintahannya saat ini sedang berupaya meningkatkan pariwisata menuju visi destinasi wisata Nasional berbasis potensi lokal. 

"Kami juga sudah memiliki 12 motif batik yang sudah HKI. Dan kami sedang ikhtiar juga dengan branding-nya Kabupaten Lebak. City branding-nya itu Lebak Unik. Dengan kekhasan yang dimiliki," kata Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, seperti dilansir dari jpnn.com, Kamis (20/10/2022).    

Halaman:

Editor: Melati

Terkini

Minuman Sehat Indonesia Dukung Wellness Tourism

Selasa, 3 Januari 2023 | 06:00 WIB

Pantai Atau Gunung? Berpengaruh Pada Kepribadian Lho

Minggu, 25 Desember 2022 | 11:40 WIB

Bisa Diterapkan! Tips Sehat Selama Liburan

Sabtu, 24 Desember 2022 | 09:40 WIB

PAD Anjlok, Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Menurun

Minggu, 11 Desember 2022 | 07:15 WIB
X