New Lonely Planet Menyoroti Warisan Islam Tersembunyi di Inggris

- Senin, 3 Oktober 2022 | 17:21 WIB

MoeslimChoice.New Lonely Planet menjadi panduan baru untuk Inggris Raya, menampilkan seluruh bab tentang warisan Islam yang kurang dikenal di negara itu, dalam rentang lebih dari 1.200 tahun.

Diterbitkan bulan ini, “Experience Great Britain” adalah bagian dari rangkaian “anti-guidebooks (anti-buku panduan)” --disebut demikian karena perspektif lokal unik yang mereka tawarkan kepada para pelancong.

Panduan ke Inggris memiliki bagian dan esai berjudul “Legacies of Empire,” “Bristol’s Black History,” “An Other London” dan “Hidden Muslim Britain,” yang semuanya berusaha untuk menyoroti budaya terpinggirkan bangsa dan cerita mereka.

Tharik Hussain, penulis Muslim dari “Minarets in the Mountains: A Journey Into Muslim Europe,” yang mengeksplorasi budaya Muslim asli benua itu, berkontribusi pada panduan perjalanan baru.
    
“Saya pikir itu luar biasa untuk melihat buku panduan arus utama seperti ini akhirnya keluar dari jalan mereka untuk memasukkan pengalaman yang sangat beragam bagi pengunjung,” katanya.

“Begitu sering, penulis seperti saya dibawa ke proyek semacam itu untuk mencentang kotak dan menciptakan kesan bahwa ada beragam perspektif di dalamnya, tetapi sebenarnya kami sering diminta untuk hanya menulis tentang hal yang sama yang dicakup oleh penulis sebelumnya. Apa yang beragam tentang itu?

“Untuk mencapai perspektif yang benar-benar beragam, editor yang ditugaskan harus memilih penulis dari latar belakang yang berbeda dan kemudian menjadi berani dan memberdayakan penulis untuk kembali dengan apa yang mereka anggap menarik, bahkan jika itu bertentangan dengan harapan editor.”

Hussain, yang mengembangkan salah satu jejak warisan Muslim pertama di Inggris, menulis bab “Muslim Tersembunyi Inggris”, yang berfokus pada Woking — rumah bagi masjid pertama yang dibangun khusus di Inggris, Shah Jahan — Liverpool dan Brighton, di mana beberapa masjid di negara itu warisan Islam yang paling terlihat dapat ditemukan.

Ini termasuk pemakaman Muslim pertama di Inggris – tempat peristirahatan terakhir para mualaf, wanita dan bangsawan Muslim – dan Paviliun Brighton, tempat tentara Muslim (serta Sikh dan Hindu) yang terluka yang berperang untuk Inggris dalam Perang Dunia I dirawat.

"Panduan ini juga mengungkapkan tempat untuk mengunjungi 'ruang oriental' spektakuler yang meniru istana Muslim terkenal seperti Alhambra di Spanyol dan Topkapi di Turki," kata Hussain.

Halaman:

Editor: Ida Royani

Terkini

Minuman Sehat Indonesia Dukung Wellness Tourism

Selasa, 3 Januari 2023 | 06:00 WIB

Pantai Atau Gunung? Berpengaruh Pada Kepribadian Lho

Minggu, 25 Desember 2022 | 11:40 WIB

Bisa Diterapkan! Tips Sehat Selama Liburan

Sabtu, 24 Desember 2022 | 09:40 WIB

PAD Anjlok, Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Menurun

Minggu, 11 Desember 2022 | 07:15 WIB
X