Gunung Sinsing yang Menjulang Indah di Kalimantan, Kini Resmi Jadi Gunung Tertinggi Ketiga Malaysia

- Kamis, 25 Mei 2023 | 17:30 WIB
Gunung Sinsing di Sabah/Foto Ist
Gunung Sinsing di Sabah/Foto Ist

MOESLIMCHOICE.com-Gunung Sinsing, yang terbentang di sepanjang Pegunungan Crocker, kini resmi menjadi gunung tertinggi ketiga di Malaysia.

Gunung Sinsing berdiri di ketinggian 2.586m di pedalaman Distrik Tambunan, Negara Bagian Sabah, di Pulau Kalimantan.

Gunung Sinsing adalah yang tertinggi ketiga setelah Gunung Kinabalu (4.095m) dan Gunung Trus Madi (2.642m).

Baca Juga: Sangat Serius, Pemkab Muba Siapkan Rp32 Miliar Lebih untuk Entaskan Kemiskinan Ekstrem

Dilansir The Star, Rabu (25/5/2023), Gunung Sinsing dan Gunung Kinabalu sama-sama merupakan bagian dari Pegunungan Crocker.

Gunung Sinsing yang kurang dikenal, di dalam Hutan Lindung Nuluhon Trusmadi di bawah pengelolaan Dinas Kehutanan Kabupaten Tambunan, merupakan bagian dari Proyek Pengelolaan Hutan Lestari (KPH10).

Ketinggian gunung menjadi perhatian pada tahun 2018 ketika para amatir menggunakan Global Positioning System (GPS) menentukan ketinggian gunung menjadi 2.603m.

Baca Juga: Bertemu PM Malaysia Anwar Ibrahim, Menhan Prabowo Bahas Hubungan Bilateral dan Regiona

Angka itu membuat Gunung Sinsing menyingkirkan ketinggian tetangganya Gunung Tambuyukon (2.579m) dari tempat ketiga.

Namun, itu tetap tidak resmi sampai awal bulan ini ketika Departemen Kehutanan Sabah melakukan ekspedisi untuk memastikan ketinggian resmi Gunung Sinsing.

Sebuah tim dari Pusat Penelitian Hutan yang berbasis di Sandakan di Sepilok, bersama dengan anggota dari Persatuan Komuniti Kg Nupakan berangkat untuk mendapatkan pengukuran ketinggian Gunung Sinsing yang lebih akurat, menggunakan penerima Stonex S900A Global Navigation Satellite System (GNSS) yang lebih canggih.

Baca Juga: Luar Biasa, Prestasi Pemprov Sumsel Dianugerahi 2 Penghargaan Bergengsi Sekaligus oleh ESQ

Data ketinggian dicatat selama periode empat jam pada 10 Mei 2023.

Data pengamatan kemudian dikirim ke perusahaan survei berlisensi untuk diproses secara resmi untuk menetapkan ketinggian gunung di Mean Sea Level (msl).

Dengan metodologi ini, ketinggian puncak Gunung Sinsing ditemukan menjadi 2.586m, menempatkannya secara resmi pada posisinya sebagai gunung tertinggi ketiga di Malaysia dan juga Kalimantan.

Baca Juga: Gubernur Herman Deru Serahkan SK Pj Bupati Muba dan Akui Keberhasilan Kepemimpinan Adik Kelasnya

Kepala Konservator Hutan Datuk Frederick Kugan mengatakan, Departemen Kehutanan akan terus berupaya melindungi kawasan-kawasan penting, seperti Sinsing.

Gunung tertinggi kedua di Malaysia, Gunung Trus Madi (2.642 m), letaknya bersebelahan dengan Gunung Sinsing yang juga berada di bawah pengelolaan UPH10 seluas 88.401 ha.

"Karena ketinggiannya, hutan pegunungan ini menjadi rumah bagi banyak flora dan fauna unik, beberapa di antaranya tidak ditemukan di tempat lain," katanya.

Baca Juga: Melaui Kemah Kebangsaan, Ditjen Politik dan PUM Kemendagri Tanamkan Nasionalisme dan Sikap Kebangsaan Generasi

Melalui Inisiatif Heart of Borneo (HoB) di bawah Departemen Kehutanan Sabah, katanya, sebuah ekspedisi ilmiah internal diselenggarakan pada 14-20 Mei 2023, untuk mensurvei flora, fauna, dan sosial ekonomi masyarakat lokal yang tinggal berdekatan dengan hutan lindung.***

Editor: Rosydah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X