Tan Sri Michelle Yeoh Menang Oscar, Pejabat Hong Kong pun Diingatkan agar Tak Salah Lagi

- Senin, 13 Maret 2023 | 19:10 WIB
Tan Sri Michelle Yeoh saat menerima Oscar/Foto The Star
Tan Sri Michelle Yeoh saat menerima Oscar/Foto The Star

MoeslimChoice.Tan Sri Michelle Yeoh hari ini, Senin (13/3/2023), mencacatkan dirinya sebagai perempuan Asia yang memenangkan Anugerah Oscar pada Academy Awards Ke-95 di Los Angeles, California, Amerika Serikat.Ia dianugerahi Oscar Kategori Aktris Terbaik lewat film Everything Everywhere All At Once.

Tan Sri Michelle Yeoh, aktris internasional kelahiran Ipoh, Perak, Malaysia 60 tahun lalu, terkadang membuat orang mengira artis Hong Kong ataupun Taiwan. Mungkin karena itu juga, aktor Hong Kong Chapman To Man Chak menyoroti fakta bahwa Tan Sri Michelle Yeoh adalah orang Malaysia.

"Peringatan kepada Pemerintah Hong Kong. Tan Sri Michelle Yeoh orang Malaysia. Jangan mengambil keuntungan dan mengklaim dia orang Hong Kong," tulis sang aktor di Facebook, hari ini, dikutip dari The Star.

Baca Juga: Michelle Yeoh Jadi Aktris Asia Pertama Menangi Oscar, Malaysia Bergembira

Michelle Yeoh memenangkan Oscar untuk Aktris Terbaik untuk film "Everything Everywhere All At Once". Dia juga menjadi aktris keturunan Asia pertama yang memenangkan penghargaan Aktris Terbaik dalam 95 tahun sejarah Academy Awards.

Michelle Yeoh juga menjadi orang Malaysia pertama yang dinominasikan dan memenangkan penghargaan dalam kategori bergengsi tersebut.

Sebelumnya, Kepala Budaya Hong Kong memberi selamat kepada Michelle Yeoh setelah dia memenangkan Golden Globe untuk perannya dalam film tersebut, dan menggambarkannya sebagai "Aktris Hong Kong".

Baca Juga: Herman Deru Resmikan Lomba Desa Se-OKU Timur dengan Menantang Peserta Unjuk Potensi

Sekretaris Budaya, Olahraga, dan Pariwisata Hong Kong Kevin Yeung mengatakan penghargaan itu memang layak.

"Michelle Yeoh pertama kali menorehkan namanya di sektor perfilman Hong Kong sebelum melangkah ke panggung internasional dengan keterampilan akting dan kerja kerasnya yang luar biasa... Kami diberdayakan oleh fakta bahwa para aktris Hong Kong terus bersinar dalam perfilman global industri,” katanya.

Tan Sri Michelle Yeoh, yang lahir di Ipoh, Malaysia,  mengalahkan aktris Australia dan pemenang Oscar dua kali Cate Blanchett - dikatakan sebagai pesaing terdekatnya - dan nominasi lainnya termasuk Ana De Armas, Michelle Williams dan Andrea Riseborough untuk penghargaan akting yang didambakan.

Dalam pidato penerimaannya, Yeoh berkata: "Saya harus mendedikasikan (penghargaan) ini untuk ibu saya, semua ibu di dunia karena mereka benar-benar pahlawan super, dan tanpa mereka, tidak ada dari kita yang akan berada di sini malam ini.

"Saya membawa pulang ini untuknya. Dia sekarang menontonnya di Malaysia, KL, bersama keluarga dan teman-teman saya. Saya mencintai kalian. Saya membawa pulang ini untuk kalian.

"Dan juga untuk keluarga besar saya di Hong Kong, tempat saya memulai karir saya. Terima kasih telah membiarkan saya berdiri di atas bahu Anda, memberi saya kaki sehingga saya bisa berada di sini hari ini."*

Editor: Rosydah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X