Akhirnya Mabes Polri Izinkan Liga 1 Bergulir Mulai 5 Desember

Nasional  SABTU, 03 DESEMBER 2022 | 15:15 WIB

Akhirnya Mabes Polri Izinkan Liga 1 Bergulir Mulai 5 Desember

foto/net

Setelah sempat beberapa hari vakum, Mabes Polri akhirnya mengizinkan Liga 1 musim 2022 yang tertunda gegara Tragedi Kanjuruhan dua bulan lalu, kembali bergulir. Mabes Polri merilis izin keramaian untuk Liga 1 dengan menerbitkan Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Jadwal lanjutan Liga 1, bahkan telah ditentukan. Tentu, ini menjadi kabar menyenangkan bagi para pecinta sepak bola Tanah Air. Liga 1 akan dimulai pada Senin (5/12/2022) depan. Terbitnya izin keramaian dari Mabes Polri ini, juga membuat Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan senang.  

"Terima kasih kepada Bapak Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo atas izin keramaian yang telah diberikan," kata Mochamad Iriawan, dilansir dari laman resmi federasi. 

Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) merencanakan kompetisi Liga bergulir pada Jumat (2/12/2022) lalu. Namun, setelah Mabes Polri meninjau, sekaligus memastikan sistem manajemen pengamanan di lima stadion belum sesuai standar, kompetisi kemudian ditunda.

Telah disiapkan lima stadion yang akan digunakan untuk enam laga sisa pada putaran pertama ini. Lima stadion itu adalah Stadion Manahan (Surakarta), Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion M Soebroto (Magelang), dan Stadion Sultan Agung (Bantul). 

Setelah Polri mengirimkan tim khusus, agar lima stadion itu menyesuaian dengan Perpol Nomor 10 Tahun 2022, izin keramaian untuk Liga 1 2022 akhirnya bisa keluar. 

"Terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo, yang terus memberi perhatian luar biasa kepada sepak bola Tanah Air. Terima kasih juga kepada Menpora Bapak Zainudin Amali, yang tanpa kenal lelah membantu PSSI atas bergulirnya kembali kompetisi," tambah Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, seperti dilansir dari bali.jpnn.com, Jumat (2/12/2022). 

Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan memastikan, lanjutan kompetisi putaran pertama yang mulai bergulir Senin (5/12/2022) digelar tanpa penonton. 

Enam laga sisa putaran pertama, akan berakhir Desember 2022 dengan menggunakan sistem bubble yang berlangsung di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. 

"Untuk putaran kedua dan seterusnya direncanakan menggunakan sistem home and away dengan penonton yang dibatasi," kata Iwan Bule.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kembali digulirkannya kompetisi Liga Indonesia," pungkas Mochamad Iriawan. [mt]


Komentar Pembaca