Niat, Tata Cara dan Doa Setelah Wudhu

Kajian  SABTU, 03 DESEMBER 2022 | 07:15 WIB

Niat, Tata Cara dan Doa Setelah Wudhu

Net

Wudhu adalah cara untuk menyucikan diri dari hadast kecil, juga menjadi syarat sahnya salat. Selain niat, ada doa setelah wudhu yang juga perlu dibaca.

Itulah mengapa, saat akan melaksanakan ibadah salat disunnahkan untuk berwudhu. Anjuran berwudhu sebelum melaksanakan ibadah salat ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Bukhori. Adapun bunyi hadisnya sebagai berikut:

"Allah tidak menerima shalat salah seorang kamu bila berhadats sampai ia berwudhu." (HR Bukhari).

Penting diketahui bahwa saat akan berwudhu, Islam mengajarkan agar membaca doa wudhu terlebih dulu. Begitu juga setelah selesai wudhu, dianjurkan juga untuk membaca doa setelah wudhu.

Meski berwudhu hukumnya sunnah, namun baca doa atau niat sebelum dan sesudah wudhu sangat dianjurkan. Dengan membaca doa berwudhu, maka  akan memperoleh pahala dari Allah SWT

Lantas, bagaimana bunyi bacaan doa niat berwudhu dan doa setelah wudhu? Untuk selengkapnya, berikut ini bacaan doanya lengkap dengan tata cara berwudhu.

Bacaan Niat Berwudhu

Asyhadu al laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lah, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhu wa rasuuluhu. Allahumma ij'alni minat tawwaabiina waj'alni minal mutathahhiriin.

Artinya: "Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu baginya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusannya. Ya Allah, jadikanlah aku bagian dari orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku golongan orang-orang yang suci".

Tata Cara Berwudhu

Dalam melakukan wudhu, ada tata cara yang perlu kamu perhatikan agar wudhu kamu dianggap sah. Adapun tata cara berwudhu yakni sebagai berikut.

1. Membaca niat
2. Basuh telapak tangan hingga ke sela jari-jari (3 kali basuhan)
3. Berkumur 3 kali
4. Bersihkan lubang hidung sebanyak 3 kali
5. Membasuh muka mulai dari ujung kepala dari tumbuhnya rambut sampai bawah dagu
6. Basuh kedua tangan sampai siku (3 kali basuhan)
7. Mengusap kepala (3 kali)
8. Mengusap telinga bersamaan (3 kali)
9.Membasuh kaki hingga mata kaki mata  sebanyak 3 kali
10. Baca doa setelah wudhu 

Bacaan Doa Setelah Wudhu

“Asyhadu alla ilaha illallahu wahdahu la syarika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu, allahummaj'alni minat tawwabina waj'alnii minal mutathahhirina."

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci (shalih).” [irm]


Komentar Pembaca