Rambut Beruban? Cegah dengan 5 Makanan Sehat dan Bergizi Ini

Kesehatan  JUMAT, 02 DESEMBER 2022 | 11:00 WIB

Rambut Beruban? Cegah dengan 5 Makanan Sehat dan Bergizi Ini

foto/net

Siapa sih yang tak ingin memiliki rambut hitam, tebal, berkilau, dan sehat. Semua orang pasti meginginkannya, baik itu pria maupun wanita. Untuk mewujudkannya tentu bukan hal yang mudah. Terkadang, harus menggunakan berbagai produk rambut, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bahkan banyak juga yang ingin memiliki rambut indah, terutama bagi wanita yang selalu ingin tampil cantik dengan rambutnya yang indah. Untuk mewujudkan hal tersebut, tak sedikit wanita yang memakai berbagai cara, seperti menggunakan cat rambut, catok, smoothing, dan banyak lagi, yang ujung-ujungnya malah bisa membuat rambut penuh dengan dengan uban. 

Lalu, apa itu uban? 

Uban adalah helaian rambut berwarna putih. Pada dasarnya, rambut memiliki sel pigmen yang membuat melanin yaitu bahan pewarna rambut. 

Saat usia semakin bertambah, sel-sel pigmen mulai mati sehingga helai baru tumbuh lebih terang dan lama-kelamaan akan menjadi putih. Selain karena pertambahan usia, stres, pikiran berlebih dan gen juga bisa memicu pertumbuhan uban. Dewasa ini, uban tidak lagi identik dengan orang tua, karena banyak anak muda yang mulai merasakan tumbuhnya uban. 

Seringkali uban diatasi dengan pewarnaan rambut, tetapi hal ini hanya bersifat sementara dan jika dilakukan terus menerus, maka zat pewarna akan masuk ke dalam kulit dan bisa merusak rambut. Pertumbuhan uban bisa dicegah dengan cara mengonsumsi makanan sehat yang baik untuk melanin dan pigmen rambut.

Berikut 5 Makanan Sehat untuk Mencegah Timbulnya Uban, seperti dilansir dari laman Genpi.co:

1. Jeruk 

Sudah bukan rahasia jika jeruk adalah salah satu sumber vitamin C terbaik. Vitamin C sangat penting dalam pengembangan protein kolagen. Kolagen adalah jaringan ikat yang membentuk sebagian besar tubuh, yang bisa meregenerasi sel termasuk rambut. 

2. Makanan Fermentasi 

Probiotik dalam makanan fermentasi dikenal baik untuk sistem pencernaan, tetapi ternyata juga baik untuk kulit kepala dan rambut. Hal ini dikarenakan bakteri usus bisa menghasilkan vitamin B biotin yang mempertahankan warna dan kekuatan rambut. 


3. Ikan Salmon 

Ikan Salmon adalah makanan sehat sumber vitamin D yang baik, vitamin D akan memengaruhi pigmentasi rambut. Mengonsumsi ikan salmon memberi nutrisi yang mendukung pertumbuhan rambut sehat dan kuat.


4. Telur 

Telur mengandung vitamin B12 yang merupakan salah satu vitamin penting untuk pigemntasi rambut. Oleh karena itu, telur menjadi makanan sehat penting untuk mencegah perubahan waran putih pada rambut. 


5. Cokelat Hitam 

Cokelat hitam bisa membantu mencegah timbulnya uban, karena cokelat hitam mengandung zat besi dan tembaga yang tinggi. Tembaga adalah salah satu zat untuk memproduksi melanin. Seiring bertambahnya usia, tingkat melanin akan menurun. Anda bisa menjaganya dengan mengonsumsi cokelat hitam. [mt]


Komentar Pembaca