Kekayaan Laksamana Yudo Margono Mencapai Rp17, 97 Miliar, Tidak Memiliki Hutang

Nasional  SELASA, 29 NOVEMBER 2022 | 10:45 WIB

Kekayaan Laksamana Yudo Margono Mencapai Rp17, 97 Miliar, Tidak Memiliki Hutang

Net

Salah satu nama yang digadang-gadang sebagai calon terkuat yang bakal menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Andika Perkasa selanjutnya adalah Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono.

Hal ini sebagaimana yang dikatakan Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi saat berbicara soal nama Panglima TNI pengganti Jenderal Andika Perkasa yang akan dikirimkan ke DPR hari ini. Bobby menilai sinyal kuat pengganti Andika mengarah kepada KSAL Laksamana TNI Yudo Margono.

"Sinyal kuat Pak Yudo menjadi Panglima," kata Bobby kepada wartawan, Senin (28/11/2022).

Legislator Golkar ini menilai selama kepemimpinan Jokowi, belum ada Panglima TNI dari matra laut. Dia menilai penunjukan Yudo sebagai Panglima TNI bisa menepis anggapan pilih kasih antara ketiga matra TNI.

Terlepas dari itu, sebagai calon kuat Panglima TNI selanjutnya, penting bagi masyarakat untuk mengetahui berapa kisaran kekayaan KSAL Laksamana TNI Yudo Margono. Sebab informasi harta kekayaan penyelenggara negara ini biasa digunakan oleh KPK sebagai salah satu bentuk pengamanan atau pengecekan terhadap tindak kejahatan korupsi yang mungkin bisa saja terjadi.

Berdasarkan data dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik KPK, kekayaan Laksamana Yudo Margono mencapai Rp 17, 97 miliar. Adapun laporan ini ia serahkan pada Maret 2022 untuk periodik 2021.

Berdasarkan laporan tersebut nampak bahwa sebagian besar harta miliknya terdiri atas tanah dan bangunan. Sementara untuk total seluruh tanah dan bangunan yang dimilikinya mencapai Rp 10,45 miliar.

Dirinya diketahui memiliki tanah dan bangunan sebanyak 51 yang tersebar di Kab/Kota Sidoarjo, Kab/Kota Surabaya, Kab/Kota Bekasi, Kab/Kota Sorong, Kab/Kota Bogor, Kab/Kota Tangerang, Kab/Kota Madiun.

Selain itu, Yudo Margono juga memiliki lima alat transportasi dan mesin dengan total mencapai Rp 1,63 miliar. Sedangkan untuk harta bergerak lainnya sebesar Rp 365 juta, kas dan setara kas sebesar Rp 5,52 miliar.

Di sisi lain dirinya tercatat tidak memiliki hutang dalam bentuk apapun. Oleh karena itu KSAL Laksamana TNI Yudo Margono tercatat memiliki total kekayaan mencapai Rp 17.970.088.086 (Rp 17,9 miliar). [Irm]


Komentar Pembaca