Intip Persiapan Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Yuk!

Islamtainment  SENIN, 28 NOVEMBER 2022 | 15:40 WIB

Intip Persiapan Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Yuk!

Net

Tidak lama lagi, pernikahan antara putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Putri Indonesia DI Yogyakarta 2022, Erina Gudono akan segera digelar.

Pesta pernikahan yang akan digelar di Yogyakarta dan Surakarta ini pun membuat pemerintah setempat dan aparat mempersiapkan segala kemungkinan dan pengamanan ketat, terutama di rumah pribadi Erina dan venue pernikahan mereka, yaitu di Pura Mangkunegaran, Pendopo Royal Ambarrukmo, dan Loji Gandrung Solo.

Persiapan demi persiapan pun telah dilakukan oleh pihak Kaesang maupun Erina, berbagai pihak pun turut ikut andil dalam acara yang disebut "pesta rakyat" ini.

Erick Thohir jadi panitia

Menteri BUMN Erick Thohir pun andil dalam persiapan pernikahan Kaesang dan Erina Gudono dengan menjadi panitia. Erick pun mengaku sudah menganggap Kaesang seperti keponakan sendiri.

"Mas Kaesang sudah seperti keluarga saya, keponakan lah," ujar Erick. 

Erick bersama dua menteri lainnya diketahui sempat berada di Solo minggu lalu dan diminta untuk memimpin gladi kotor arak-arakan kereta kencana Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dengan rute dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran Solo. 

Acara akad nikah dan resepsi di beda tempat

Akad nikah dan resepsi pernikahan Kaesang dan Erina ini juga digelar di dua tempat yang berbeda, yaitu akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarukmo di Sleman, Yogyakarta dan resepsi akan digelar di Pura Mangkunegaran.

Persiapan demi persiapan pun telah dilakukan, termasuk pembersihan dan persiapan pihak gedung untuk menyambut ribuan tamu yang akan memberi selamat kepada Kaesang dan Erina ini.

Ada kereta kencana dan 12 kuda

Prosesi adat pernikahan Kaesang dan Erina ini juga akan dilakukan perhelatan kirab dari Loji Gandrung usai syukuran ke lokasi resepsi, yaitu Pura Mangkunegaran bersama dengan 12 kereta kencana dan kuda yang akan meramaikan kirab ini.

Prosesi ini juga akan dilakukan sepanjang jalan hingga Pura Mangkunegaran dengan pengawalan ketat dari aparat keamanan. 

Panggung hiburan rakyat

Kendati prosesi pernikahan ini akan digelar di dua tempat yang berbeda, acara adat ini akan juga diramaikan dengan hiburan para seniman asal Solo dan Yogyakarta.

Di sepanjang rute kirab, akan dilengkapi dengan panggung hiburan rakyat yang melibatkan banyak seniman dan musisi lokal di Kota Bengawan, Solo. 

Himbauan kepada warga sekitar selama prosesi acara

Prosesi acara ini juga diperkirakan akan dipadati oleh masyarakat lokal yang ingin meramaikan pernikahan anak bungsu dari orang nomor satu di Indonesia ini dengan putri kebanggaan Yogyakarta, Erina Gudono. Pengamanan juga dilakukan, termasuk himbauan dari ketua RW di wilayah rumah Erina Gudono di daerah Mlati, Sleman.

"Untuk menghindari segala sesuatu, inisiatif saya, pada tanggal 7, 8, 9 (Desember), supaya masing-masing rumah tangga tidak menerima tamu, menginapkan dari mana pun," kata Sukamto di balai RW setempat, Minggu (27/11/2022) petang.

Malam midodareni di kediaman Erina Gudono

Acara lainnya yang akan dijalani selama prosesi pernikahan adalah midodareni. Erina diketahui akan menjalani malam midodareni pada tanggal 8 Desember 2022 mendatang di kediamannya di Sleman, DI Yogyakarta.

Pihak keluarga pun mengonfirmasi bahwa calon besan, Presiden Joko Widodo juga akan hadir dalam acara midodareni ini.

Dua menteri Jokowi jadi saksi

Dua orang menteri Jokowi dikabarkan juga akan menjadi saksi pernikahan Kaesang dan Erina. Mereka adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kabar tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala KUA Kapanewon Depok, Sleman Muhammad Wiyono.

Menteri PUPR akan menjadi saksi pihak Kaesang sementara Mensesneg Pratikno akan menjadi saksi pihak Erina. [Irm]


Komentar Pembaca