Banjir Besar di Arab Saudi, Kemlu RI: Tidak Ada WNI Jadi Korban

Kabar Tanah Suci  SABTU, 26 NOVEMBER 2022 | 14:00 WIB

Banjir Besar di Arab Saudi, Kemlu RI: Tidak Ada WNI Jadi Korban

foto/net

Arab Saudi, khususnya daerah wilayah Jeddah terjadi banjir besar, akibat curah hujan yang sangat tinggi. Hal itu menyebabkan sebagian ruas jalan terendam banjir. Bahkan dikabarkan telah menimbulkan dua korban meninggal dunia.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) menyatakan, bahwa tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam banjir yang terjadi di Jeddah, Arab Saudi.

"Hingga saat ini tidak ada WNI yang dilaporkan menjadi korban dalam peristiwa tersebut," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kemlu RI, Judha Nugraha, melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (25/11/2022). 

Judha mengatakan bahwa pada Kamis, 24 November 2022, telah terjadi banjir di wilayah Jeddah dan sekitarnya. Banjir itu terjadi akibat curah hujan yang tercatat tertinggi sejak tahun 2009. 

Hujan berlangsung selama sekitar empat jam dari pukul 08.00 waktu setempat sampai siang hari. Banjir tersebut, dilaporkan menewaskan dua Warga Negara Arab Saudi. Hingga saat ini, tidak ada laporan korban WNI dalam banjir tersebut.

Judha juga menambahkan, menurut pantauan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, situasi saat ini sudah berangsur normal, dengan sebagian besar ruas jalan yang terdampak sudah menyusut. Namun, lanjut dia, beberapa titik seperti underpass masih terdapat genangan air yang cukup dalam.

Pemerintah Arab Saudi, kata dia lebih lanjut, sehari sebelumnya telah memberikan peringatan akan potensi hujan deras dan mengumumkan bahwa sekolah diliburkan keesokan hari. 

Sementara itu, Judha mengatakan KJRI Jeddah terus memantau situasi dan membuka hotline aduan bagi WNI melalui nomor +966 503 609 667. [mt]


Komentar Pembaca