Hati-hati! BMKG Sebut Sudah Ada 248 Gempa Susulan di Cianjur

Daerah  SABTU, 26 NOVEMBER 2022 | 06:05 WIB

Hati-hati! BMKG Sebut Sudah Ada 248 Gempa Susulan di Cianjur

Net

Hingga Jumat (25/11/2022) sejak gempa utama, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan telah terjadi 248 kali gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat. 

"Sampai dengan jam 17.00 WIB, gempa susulan sampai hari ini adalah 248 gempa," kata Deputi Ahli Geofisika BMKG Suko Prayitno Adi dalam jumpa pers penanganan gempa di Cianjur yang dihadiri praktis dari Jakarta, Jumat sore (25/11/2022).

BMKG mencatat gempa susulan terbesar dengan magnitudo 4,2 dan terkecil dengan magnitudo 1,2, sedangkan gempa utama tercatat pada Senin (21/11/2024) dengan magnitudo 5,6.

"Dan kini, alhamdulillah terus menurun, walaupun terasa satu atau dua kali gempa, tapi tidak membahayakan," katanya.

Meski tidak berbahaya, ia mengingatkan masyarakat untuk tidak berada di dalam atau di dekat rumah yang tidak layak huni, karena berpotensi bahaya jika terjadi gempa susulan.

Suko Prayitno Adi memastikan, BMKG akan terus memberikan informasi cuaca dan -perkembangan terupdate Gempa susulan yang terjadi di wilayah tersebut.

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto melaporkan, korban tewas akibat gempa Kabupaten Cianjur sore ini mencapai 310.
orang.

Dia memastikan pencarian korban hilang terus dilakukan dan distribusi logistik juga sudah dilakukan ke 110 titik evakuasi yang teridentifikasi.

Pendistribusian langsung ke pengungsi juga diperbolehkan namun harus dilakukan dengan pengawalan polisi.

"Jadi, sudah mulai dikawal oleh kepolisian, untuk menghindari adanya berita-berita viral atau potongan video rekaman yang menunjukkan adanya penghadangan entah oleh warga yang terkena dampak atau warga lainnya untuk meminta barang atau uang," kata Suharyanto. [Irm]


Komentar Pembaca