Seorang Wanita Melahirkan di Halaman Masjid Nabawi

Kabar Tanah Suci  JUMAT, 25 NOVEMBER 2022 | 17:00 WIB

Seorang Wanita Melahirkan di Halaman Masjid Nabawi

Relawan SRCA membawa wanita yang melahirkan di halaman Masjid Nabawi ke pusat layanan kesehatan

Relawan Bulan Sabit Merah Arab Saudi (SRCA) yang beroperasi di Masjid Nabawi di Kota Madinah medapat pengalaman langka baru-baru ini. Seorang jamaah perempuan melahirkan bayi, setelah mengalami sakit menjelang persalinan di halaman Masjid Nabawi.

Dr Ahmed bin Ali Al-Zahrani, Direktur Jenderal Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi Cabang Madinah, mengatakan tim relawan SRCA yang bertugas pada pusat ambulans di lokasi Al-Haram berhasil membantu wanita tersebut melahirkan bayinya dengan selamat.

Al-Zahrani menjelaskan, saat tim tiba di lokasi, mereka menemukan wanita tersebut dalam keadaan kritis akan melahirkan.

"Wanita itu mengalami kontraksi, menandakan bahwa dia sedang melahirkan. Ketuban pecah dan kepala bayi sudah keluar," katanya dilansir dari Saudi Gazette, Jumat (25/11/2022).

Tim beraksi dengan ketat mengikuti protokol dalam situasi seperti itu dan mulai membantu wanita tersebut untuk melahirkan. Seorang praktisi kesehatan yang hadir di lokasi menawarkan dukungan.

Setelah berhasil melahirkan bayi, ibu dan anak dipindahkan ke Puskesmas Cabang Jibril untuk pemeriksaan lebih lanjut, kata dr. Al-Zahrani, menambahkan bahwa kasus seperti itu memerlukan perawatan medis intensif.

Dia mengatakan tim dapat melahirkan bayi dengan aman karena pelatihan medis khusus yang mereka terima sebagai praktisi kesehatan.

Al-Zahrani menggarisbawahi, pentingnya mengingatkan layanan ambulans jika terjadi keadaan darurat dengan menelepon 997. Layanan ambulans juga dapat dihubungi melalui aplikasi Asafny atau layanan SOS di aplikasi Tawakkalna.

"Ini akan membantu tim ambulans untuk menentukan lokasi penelepon dengan akurasi tinggi dan menghemat waktu dan tenaga dalam mencapai lokasi dan memberikan bantuan," tambahnya.[ros]

 


Komentar Pembaca