Erick Tohir Perintahkan Adhi Karya Hingga Waskita Terjunkan Alat Berat Buka Akses Jalan

Sosial  KAMIS, 24 NOVEMBER 2022 | 20:45 WIB

Erick Tohir Perintahkan Adhi Karya Hingga Waskita Terjunkan Alat Berat Buka Akses Jalan

foto/net

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menginstruksikan kepada seluruh BUMN untuk turun tangan membantu korban gempa bumi dan longsor di Kabupaten Cianjur yang terjadi pada Senin (21/11/2022) lalu.

Salah satu instruksi Erick Thohir adalah membangun posko-posko bantuan bencana di titik-titik terdampak gempa. Erick pun menekankan, untuk seluruh BUMN hadir di tengah masyarakat yang terdampak dan juga fokus pada pemilihan fasilitas umum. 

Hingga saat ini sudah ada 11 posko satgas yang dibangun oleh perusahaan BUMN yaitu BRI, Pertamina, PLN, Mandiri, Pos Indonesia, KAI, Biofarma, Pelindo, PIHC, Angkasa Pura II, dan Timah.

Posko satgas ini, akan fokus memberikan bantuan kebutuhan primer kepada masyarakat yang terdampak melalui penyaluran, seperti obat-obatan dan paket sembako. 

Staf khusus Erick Thohir, Arya Sinulingga mengatakan satgas akan terus melakukan pemetaan kebutuhan masyarakat. 

"Hingga hari ini masih ada gempa susulan, posko satgas BUMN juga membantu proses evakuasi dan bantuan darurat untuk korban bencana gempa," kata Arya Sinulingga dalam keterangannya, Kamis (24/11/2022). 

Selain menyiapkan posko siaga, Erick Thohir juga memerintahkan Adhi Karya, PP, Hutama Karya, Wijaya Karya, Waskita, dan Brantas Abipraya, untuk menurunkan sejumlah alat berat, guna membersihkan dan membuka akses jalan dari longsor.

Ke depan, BUMN akan fokus membantu pemulihan sejumlah fasilitas seperti sekolah, rumah ibadah, layanan kesehatan, yang hancur terdampak gempa. [mt]


Komentar Pembaca