Masih 39 Tertimbun, Korban Meninggal Sudah 272 Orang

POLKAM  KAMIS, 24 NOVEMBER 2022 | 17:19 WIB

Masih 39 Tertimbun, Korban Meninggal Sudah 272 Orang

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Kamis (24/11/2022), kembali mengunjungi lokasi bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Presiden menegaskan, evakuasi para korban menjadi prioritas. Karena diperkirakan masih ada 39 warga yang tertimbun.

Presiden menegaskan bahwa pembangunan kembali rumah-rumah warga yang rusak terdampak gempa akan dilakukan setelah proses evakuasi selesai.

Sementara itu, Kepala BNPB Suharyanto di Posko Tanggap Darurat, Kantor Bupati Cianjur, seperti disiarkan televisi sore ini mengatakan,"Perkembangan terakhir terkait jumlah korban, hari ini sejumlah 272 jenazah.Hari ini ditemukan satu jenazah atas nama Ibu Nining umur 64 tahun."

Dikatakan Suharyanto,  dari 272 korban meninggal, baru 162 orang yang teridentifikasi. Sementara jumlah korban yang masih hilang sebanyak 39 orang. Yang sudah dapat diidentifikasi ada 165 orang. Sementara yang masih kita cari identitasnya ada 107 jenazah.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan anak buahnya untuk memprioritaskan evakuasi setelah 39 orang hilang pasca gempa Cianjur, Jawa Barat.

Jokowi mengatakan tim pencarian akan berfokus melakukan evakuasi di Desa Cijedil. Ia meninjau lokasi itu untuk memastikan evakuasi berjalan baik.

"Proses evakuasi menjadi proritas, kita konsentrasi dan siang ini kita akan konsentrasi di titik ini untuk evakuasi," kata Presiden.

Jokowi menyebut kondisi tanah curam, hujan, gempa susulan, dan tanah yang labil menjadi hambatan dalam proses evakuasi. Meski demikian, ia memastikan pencarian tetap dilakukan.

"Menteri PUPR sudah memerintahkan kepada jajarannya yang sudah terbiasa melakukan cut and fill sehingga bisa semuanya dikerjakan," tandasnya.[ros]


Komentar Pembaca