Tim Robotik MAN 2 Banyumas Ikuti Ajang 11th World Robotic for Pease 2022 di Malaysia

Pendidikan  RABU, 23 NOVEMBER 2022 | 19:30 WIB

Tim Robotik MAN 2 Banyumas Ikuti Ajang 11th World Robotic for Pease 2022  di Malaysia

foto/kemenag

Prestasi robotik siswa Madrasah terus mengukir prestasi. Kali ini, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banyumas, akan ikut kompetisi pada ajang '11th World Robotic for Pease (WRP) 2022' di Universitas Teknologi Malaysia.

Ajang yang diselenggarakan oleh IBTC (International Robotic Training and Competition) ini, akan berlangsung pada 29 November - 3 Desember 2022. 

"MAN 2 Banyumas terus bergerak menunjukkan jati diri sebagai Madrasah unggulan MA Plus Keterampilan dengan menorehkan prestasi, baik di tingkat regional maupun Nasional," Kata Kepala MAN 2 Banyumas, Muhamad Siswanto, di kantornya, Rabu (23/11/2022).

"Ini menunjukkan bahwa MAN 2 Banyumas sebagai Madrasah Siap Kuliah dan Siap Kerja," tambah Muhammad Siswanto.

Perwakilan pembimbing Tim Robotika MAN 2 Banyumas, Singgih Hutomo Aji, menjelaskan bahwa WRP 2022 merupakan ajang tahunan dan bagian dari kompetisi robotika yang bergengsi di tingkat Internasional. 

Sesuai misi penyelenggara, kompetisi ini menanamkan kedamaian pada para siswa, bahwa robot dan teknologi bukanlah alat untuk perang, tetapi banyak hal yang bermanfaat bagi manusia. 

Menurutnya, Tim Robotika MAN 2 Banyumas akan mengikuti dua kategori, yaitu: Sumo IoT 500 Gr, Sumo IoT 1 Kg , Soccer IoT 1 kg dan Line Follower Analog. 

"Tim MAN 2 Banyumas terdiri atas Faiz Khoirul Fuadi XI MIPA 2, Eka Erlangga Putra Syariful Hanan XI MIPA 2, Adan Syahrul Junior XI MIPA 4 dan Gotara Parasdya Abimanyu XI MIPA 6," kata Singgih.

Sementara itu, Toto Prasetyo, yang juga pembimbing Tim Robotika MAN 2 Banyumas, menambahkan, ada 22 tim dari Indonesia yang ikut dalam ajang ini. Sebanyak sembilan tim untuk jenjang SMA/MA/SMK, 10 tim untuk jenjang SMP/MTs, dan tiga tim untuk tingkat SD/MI. 

Selain tim robotika dari Indonesia, ajang ini diikuti sejumlah tim, di antaranya dari Malaysia, Vietnam, Bangladesh, Myanmar, Kamboja, India, Singapura, dan Pakistan. Pelaksanaan kompetisi tahun ini diselenggarakan secara offline di Universitas Teknologi Malaysia, Johor, Malaysia.

Dikatakan Toto, Tim MAN 2 Banyumas saat ini terus melakukan persiapan menuju WRP 2022. Kedua tim mempelajari secara detail juknis lomba, membuat arena simulasi dengan menggunakan robot yang sama dan telah diujicobakan di Workshop Keterampilan MAN 2 Banyumas bersama pembimbing tim masing-masing. 

"Sehingga, persiapan dapat dilakukan dengan lancar dan berharap timnya mendapat juara di ajang robotik WRP 2022," katanya dengan penuh harap dan rasa syukur. [mt]


Komentar Pembaca