Mundur dari Wantimpres, Ketua PPP Jadi Utusan Khusus Presiden

POLKAM  RABU, 23 NOVEMBER 2022 | 16:00 WIB

Mundur dari Wantimpres, Ketua PPP Jadi Utusan Khusus Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di akun Instagramnya @Jokowi membagikan foto ia mengucapkan selamat kepada Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono, Rabu (23/22/2022).

Dalam narasinya, Presiden menyebutkan "Hari ini saya melantik Bapak Muhammad Mardiono sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan di Istana Negara.

Bapak Mardiono akan bertugas melakukan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian program-program pemerntah, terutama pada bidang pengentasan kemiskinan dan peningkatan ketahanan pangan."

Sementara itu kepada para wartawan, Mardiono mengatakan bahwa dirinya sudah mengajukan diri mundur dari jabatannya sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres).

Bahkan sudah sejak Senin (21/11/2022), ia sudah mengajukan surat pengunduran diri itu  itu kepada Presiden. Namun ia belum menerima keputusan presiden terkait pengunduran dirinya sebagai Wantimpres.

Tetapi ia menambahkan, Presiden menyetujui pengunduran dirinya itu seiring diberikan amanah baru sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan oleh Jokowi.

Sebelumnya, Mardiono telah dilantik oleh Jokowi sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan di Istana Kepresidenan hari ini, Rabu.

"Kalau tadi diterbitkan SK yang baru tadi saat dibacakan dalam pelantikan, pengunduran diri saya sudah disetujui," kata dia.

Sebagai informasi, Pasal 12 ayat (1) UU Nomor 19 Tahun 2006 tentang Wantimpres mengatur anggota Wantimpres tidak boleh merangkap jabatan pimpinan partai politik. Di sisi lain, Mardiono menjabat sebagai Plt Ketum PPP sejak awal September lalu.[ros]


Komentar Pembaca