Cegah Banjir, Wali Kota Jaktim Minta Seluruh Waduk dan Embung Dikosongkan

BERITA  SELASA, 22 NOVEMBER 2022 | 19:35 WIB | Deman

Cegah Banjir, Wali Kota Jaktim Minta Seluruh Waduk dan Embung Dikosongkan

foto/net

Pemerintah DKI terus melakukan berbagai cara, dalam upaya mengatasi banjir yang kerap menghantui Jakarta ketika musim penghujan datang. Tak terkecuali Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur (Jaktim).

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar menginstruksikan kepada Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA), agar melakukan upaya mitigasi banjir dengan cara mengosongkan atau mengeringkan seluruh embung dan waduk di wilayahnya. Wabil khusus di dua lokasi yakni aliran kali Cipinang dan Sunter Hulu.

"Embung ada 20 lokasi, Situ ada 9 lokasi, Waduk ada 31 lokasi," kata Wali Kota Jakarta Timur (Jaktim), M Anwar, saat dihubungi awak media, Selasa (22/11/2022).

Oleh karena itu, Anwar meminta kepada Dinas SDA, untuk mengeringkan aliran kali Cipinang dan Sunter Hulu, agar ketika datang hujan lokal yang lebat serta kiriman dari Bogor, Jawa Barat, dapat menampung air lebih besar. Bahkan bisa mengatasi luapan sungai yang membanjiri rumah warga.

"Jadi saya minta agar seluruh waduk dan embung saat ini untuk dikosongkan, sebagai upaya mitigasi pengendalian banjir," pinta Wali Kota.

"Sehingga, saat datang hujan lokal dan kiriman dapat memberikan rasa aman bagi seluruh warga di Jakarta Timur," tambah Anwar.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan, pihaknya hingga kini terus melakukan upaya pengendalian bencana banjir dalam menghadapi ancaman bencana hidrometeorologi tahun 2022-2023 sesuai instruksi Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono.

"Kita terus gencarkan. Intinya ada tiga sistem jadi perhatian, pertama percepatan pengerukan embung dan waduk, fungsi sumur resapan hingga pemeliharaan saluran di seluruh wilayah Jakarta Timur," tandasnya.

Lebih lanjut Anwar menuturkan, mengenai progres pengerukan Waduk Pulo Gebang, Waduk Datuk Tonggara, Waduk Halim, hingga Embung Kelurahan Tengah, yang saat ini masih dalam proses pengerjaan.

"Dari keempat waduk itu, kita maksimalkan di akhir tahun ini dapat dikerjakan, sehingga dapat bermanfaat besar bagi kenyamanan masyarakat," pungkas Anwar menambahkan. [mt]

 

 


Komentar Pembaca