Terungkap Putri Candrawathi Perintahkan Pindahkan Dana 200 Juta Usai Brigadir J Tewas

Hukum  SELASA, 22 NOVEMBER 2022 | 14:00 WIB

Terungkap Putri Candrawathi Perintahkan Pindahkan Dana 200 Juta Usai Brigadir J Tewas

foto/net

Dalam sidang lanjutan kasus Pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel), pada Senin (21/11/2022), terdakwa Ricky Rizal mengungkap perintah Putri Candrawathi setelah meninggalnya Brigadir J.

Menurut Ricky Rizal, dirinya diperintahkan oleh Putri Candrawathi untuk memindahkan uang dari rekening Brigadir J ke rekening dirinya sebesar Rp 200 juta pada 11 Juli 2022 atau tiga hari setelah Yosua tewas.

"Benar, (diperintah) untuk pemindahan rekening atas nama Yosua," kata Ricky Rial, menanggapi kesaksian pegawai BNI, Anita Amalia Agustin di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Senin (21/11/2022). 

Sepengetahuan Ricky Rizal, rekening atas nama Yosua itu, memang untuk keperluan rumah tangga keluarga Ferdy Sambo di Jakarta. 

"Yang saya lakukan (pemindahan-red) atas perintah Bu Putri Sambo, karena yang bersangkutan (Brigadir J-red) telah almarhum," tambah Ricky Rizal.

Namun, Ricky berdalih tidak mengetahui, apakah ponsel yang dia pakai untuk memindahkan isi rekening korban itu, selalu dipegang Yosua atau tidak. 

"Saya tidak tahu-menahu apakah (ponsel dengan rekening untuk keperluan rumah tangga di Jakarta) dipegang almarhum Yosua terus menerus atau bergantian," tambahnya lagi.

Menurut Ricky Rizal, pada ponsel yang terdapat rekening atas nama Brigadir J itu memang terdapat password dan pin e-banking. 

"Memang di situ dicantumkan untuk password dan pin. Jadi, untuk pelaksanaan transfer, saya bisa melihat panduan di situ," terang Ricky menjawab pertanyaan Majelis Hakim. 

Bripka Ricky Rizal juga menyebut, jika dirinya sudah diminta membuka rekening tabungan sendiri sejak Maret. Pembukaan rekening tersebut bertujuan, untuk keperluan rumah tangga Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di Magelang, Jawa Tengah. 

"Untuk rekening saya, memang saya akui saya ikut Pak FS dan Bu Putri sejak Februari 2021. Pembukaan rekening telah disampaikan dari bulan Maret. Memang atas nama saya, tetapi untuk keperluan rumah tangga di Magelang," jelas Ricky Rizal. 

Pada persidangan tersebut, pegawai BNI, Agustin menyatakan terdapat uang masuk ke rekening Ricky dari rekeningnya Yosua atau Brigadir J sejumlah Rp 100 juta sebanyak dua kali. 

"Yang saya serahkan itu data rekening koran tanggal 11 Juli dari rekening Ricky Rizal. Ada uang masuk melalui internet banking, pemindahan dari rekening atas nama Nofriansyah Yosua, Rp 100 juta dua kali di tanggal yang sama," kata Agustin, saat menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus Pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel), pada Senin (21/11/2022). 

Dalam berita acara pemeriksaan (BAP) disebutkan bahwa Agustin diberi kuasa untuk membuka data Ricky dan memeriksa transaksi yang dilakukan pemilik rekening.

Adapun transaksi uang masuk yang ditemukan hanyalah pemindahan rekening atas nama Brigadir Yosua ke Ricky. 

"Uang masuk tidak ada lagi," kata Agustin. 

Ketika dikonfirmasi oleh hakim besaran nominal hanya Rp 200 juta, Agustin memastikannya. 

"Iya, benar (Rp200 juta saja)," kata pegawai BNI itu. [mt]


Komentar Pembaca