Qatar Undang Zakir Naik untuk Ceramah Tentang Islam di Gelaran Piala Dunia 2022

Internasional  SENIN, 21 NOVEMBER 2022 | 09:30 WIB

Qatar Undang Zakir Naik untuk Ceramah Tentang Islam di Gelaran Piala Dunia 2022

foto/Twitter

Pemerintah Qatar dikabarkan mengundang pendakwah kontroversial asal india dengan tuduhan pencucian uang dan pidato kebencian, Zakir Naik, untuk memberikan ceramah tentang Islam di ajang Piala Dunia 2022, menurut laporan berita Al-Arabia.

Zakir Naik menjadi buronan India yang melarikan diri usai pemerintah mengajukan tuntutan padanya atas dugaan pencucian uang dan aktivitas yang berhubunngan dengan terorisme. 

Pada akhir 2016, India melarang Naik Islam Research Foundation, menuduhnya mendorong dan membantu para pengikutnya untuk: "mempromosikan atau mencoba untuk mempromosikan perasaan permusuhan, kebencian, atau niat buruk antara komunitas dan kelompok agama yang berbeda."

Pemilik nama lengkap Zakir Abdul Karim Naik itu dikabarkan tinggal di pengasingan di Malaysia sejak 2017 sebagai buronan pemerintah India. 

Namun kendati memikili tempat di Malaysia, ia dilarang berpidato di negara itu pada tahun 2020 dengan alasan demi keamanan Nasional.

Zakir Naik telah dituduh membuat pidato yang menghasut dan diinterogasi oleh polisi setempat atas niatnya untuk memprovokasi pelanggaran perdamaian dengan membuat komentar tentang komunitas Hindu dan China yang tinggal di negara mayoritas Muslim.

Mengenai kedatangan Zakir Naik di Qatar, telah memicu pro kontra di media sosial. Salah seorang pemilik akun Twitter bernama @Abdulla_Alamadi mengatakan, sambutan kepada tokoh penceramah itu di Twitternya.

"Alhamdulillah.. Dr. Zakir Naik mencapai Qatar untuk menghadiri #FIFAWorldCup. Para peserta #Qatar2022 akan memiliki kesempatan emas untuk bertemu langsung dengannya, sambil berceramah tentang Islam. Kunjungannya ke Qatar adalah kejutan yang menyenangkan di antara puluhan, masih mengejutkan tamu kami," tulisnya, dikutip pada Senin (21/11/2022).

Selain itu, akun القرآن @Quranconnect_ juga mendukung kehadiran Zakir Naik di Qatar. Melalui akun Twitternya tersebut, ia menulis:

"Qatar invited Dr. Zakir Naik to attend opening ceremony of FIFA world cup. They don’t miss. What a great agenda😍. A great opportunity for Daawah. What a wise  thought 🤍🫶." 
(Qatar mengundang Dr Zakir Naik untuk hadir di acara pembukaan FIFA world cup. Mereka tidak ketinggalan. Agenda yang luar biasa😍. Kesempatan besar untuk dakwah. Pemikiran yang bijak 🤍🫶)". [mt]

 



Komentar Pembaca