Sandiaga Uno Punya Mimpi untuk Kota Palembang

Nasional  MINGGU, 20 NOVEMBER 2022 | 07:15 WIB

Sandiaga Uno Punya Mimpi untuk Kota Palembang

Net

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengungkapkan, Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) siap menjadi kota sebagai pusat pengembangan pariwisata berbasis olahraga nasional. 

Salah satunya pembuktiannya ialah Palembang menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Pariwisata Nasional (Poparnas) 2022. Pihaknya mencatat ada sebanyak 385 peserta dalam gelaran Poparnas 2022 sekaligus pertama di Indonesia yang diselenggarakan Politeknik Pariwisata 19 November – 22 November di Palembang.

Para peserta tersebut meliputi kalangan mahasiswa ilmu kepariwisataan nasional yang bertanding memperebutkan piala bergilir Menparekraf untuk cabang olahraga bulutangkis, basket 3x3, tenis meja, futsal, E-sport, seni pencak silat, sport dance competition.

"Palembang ini yang difokuskan mengusung keunggulan di bidang pariwisata berbasis olahraga karena memang ini adalah keunggulannya, untuk itu, selanjutnya, Poparnas tetap akan diadakan di Palembang," katanya.

Sandi menjelaskan, pihaknya mencatat pariwisata olahraga merupakan bagian dari Health Tourism yang memiliki peluang hingga 2,3 juta lapangan kerja.

"Jadi konsepnya bukan hanya olahraga saja yang turut merasakan dampak sport tourism. Ada UMKM, hingga industri yang terlibat. Saya kira perlu potensi ini diambil sebagai momentum kebangkitan pariwisata di tengah ancaman resesi global," katanya.

Adapun diketahui sebelum pembukaan event Poparnas di lingkungan Politeknik Pariwisata Palembang, Menparekraf Sandiaga menyempatkan diri bertanding basket kontra tim Persatuan Bola Basket (Perbasi) Palembang untuk menyemarakkan suasana.

Menteri Sandi tampak cukup piawai memainkan bola basket dan tak canggung berhadapan dengan para atlet profesional daerah.

Sandi mengaku mendapatkan kegembiraan tersendiri di tengah kesibukannya melalui olahraga basket sudah digelutinya sejak masih remaja itu meski permainan itu berakhir dengan skor imbang.

"Mudah-mudahan Poparnas pertama ini sukses sesuai harapan dan bisa lebih berkembang pada Poparnas tahun mendatang," ungkap Sandiaga didampingi Ketua Pelaksana Poparnas Muhammad Iqbal. [Irm]


Komentar Pembaca