Ternyata Lebih Menular, Kenali Gejala Subvarian Omicron BN.1

Kesehatan  SABTU, 19 NOVEMBER 2022 | 08:45 WIB

Ternyata Lebih Menular, Kenali Gejala Subvarian Omicron BN.1

Net

Virus Corona dengan sub varian Omicron XBB merabak di Indonesia, virus tersebut muncul dengan nama lain yakni BN.1. Seperti yang sudah diketahui sub varian ini telah menyumbang empat persen infeksi di Amerika Serikat.

BN.1 juga telah ditambahkan ke daftar varian yang dimonitor oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC AS). Tidak sampai disitu, ternyata varian ini juga sudah terdeteksi di lebih dari 30 negara, termasuk Australia, Inggris, hingga Austria.

Para peneliti menuturkan, di Amerika Serikat sejak bulan lalu sub varian ini telah menginfeksi 100 orang, dimana semakin hari kasusnya meningkat pesat. Ada dugaan bahwa varian ini lebih menular dengan cepat dibandingkan varian-varian sebelumnya. Sub varian ini juga ditandai oleh para peneliti bahwa adanya kemungkinan varian ini memiliki sifat lolos-kekebalan tinggi, yang artinya memiliki potensi bersaing dengan varian lain.

Artinya, apabila meningkat di tempat lain berarti memiliki keunggulan yang dapat meningkatkan risiko mendorong lebih banyak jumlah kasus. Juga punya kemampuan untuk menghindari perlindungan kekebalan yang mungkin dimiliki seseorang.

Sub varian satu ini memiliki gejala yang tidak begitu berbeda pada varian-varian sebelumnya. Dikutip dari sejumlah laman kesehatan, beberapa gejala BN.1 ialah :

- mudah lelah;
- sakit tenggorokkan;
- suara serak;
- pilek;
- hidung tersumbat;
- batuk;
- sakit kepala;
- nyeri pada otot.

Masih belum ada pernyataan resmi dari Kementerian Kesehatan RI terkait sub varian Omicron BN.1, apakah Indonesia sudah terjangkit. Meski demikian, mengingat kasus Covid-19 yang semakin tinggi, sebagai masyarakat diri ini harus tetap menjaga protokol kesehatan. [Irm]


Komentar Pembaca