Keren! Banyuasin Punya Pabrik Kelapa Sawit dan Perternakan Ayam Modern

Daerah  SABTU, 19 NOVEMBER 2022 | 06:40 WIB

Keren! Banyuasin Punya Pabrik Kelapa Sawit dan Perternakan Ayam Modern

Net

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru menegaskan Sumsel merupakan pioner yang mengawali pemanfaatan  energi baru terbarukan. 

Hal tersebut diungkapkannya saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Banyuasin dalam rangka meresmikan beroperasinya Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dan Peternakan Ayam Petelur Modern di Indonesia yang dipusatkan di Desa Mukut, Kecamatan Pulau Rimau.  
 
Dalam peresmian Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dan Peternakan Ayam Petelur Modern yang dikelola investor lokal dibawah payung  PT Banyuasin Sawit Lestari dan PT Banyuasin Mukut tersebut   Herman Deru mengaku kedatangannya sengaja untuk meresmikan pabrik kelapa sawit dan perternakan ayam petelur modern yang keduanya saling berkaitan dalam satu ekosistem.   
 
“Ini kita resmikan dan  tinjau  pabrik kelapa sawit yang dibangun putra daerah. Kita harus bangga dengan teknologi yang dibuat oleh Awi Lau. Kelebihanya dalam oprasionalnya dalam satu ekosistem, bahan bakarnya pun menggunakan limbah ,” ungkap Herman Deru mengawali sambutannya. 
 
PT Banyuasin Sawit Lestari dimana limbah sawit dimanfaatkan sebagai pakan ternak yang dikelola PT Banyuasin Mukut yang merupakan  perternakan besar dan modern yang pakannya memanfaatkan limbah sawit. 
 
"PT Banyuasin Sawit Lestari memproduksi CPO, minyak goreng dan turunannya. Limbahnya untuk pakan ternak ayam. Ini menginspirasi para pengusaha daerah lainnya dalam merekrut tenaga kerja lokal," tambahnya.
 
Herman Deru berharap agar Pemkab Banyuasin  terus melakukan upaya kerjasama dengan para  investor lokal lainnya.
 
“Investor lainnya diajak kerjasama dalam  menjaga kelestarian alam, sebelum dibuang limbah sawit harus diolah dengan benar sehingga tidak mencemari lingkungan, karena lingkungan itu milik anak cucu kita,” harapnya.
 
Sementara itu, Egi Ginanjar selaku Manager  PT Banyuasin Sawit Lestari menyampaikan terimkasihnya kepada Gubernur Provinsi Sumsel yang telah menyempatkan diri hadir secara langsung meresmikan PT Banyuasin Sawit Lestari. Lebih lanjut Egi menjelaskan   pembangunan pabrik PT Banyuasin Sawit Lestari memakan waktu selama satu tahun dengan kapasitas 45 ton CPO perjam.
 
 “Untuk pengelolaan limbah cair, dilakukan  dengan ramah lingkungan menggunakan bakteri. Adapun TBS 40 persen kita dapatkan dari  pekebunan inti, dan sisanya 60 persen lagi  dari kebun sawit masyarakat sekitar,”  paparanya.
 
Adapun peresmian dilakukan Gubernur Herman Deru dengan penanda tanganan prasasti dilanjutkan dengan  peninjauan Pabrik Kelapa Sawit dan Peternakan Ayam Petelur  Modren dengan didampingi Anggota DPRD  Sumsel Muhammad Yaser, S.E., Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Banyusin Aidil Fitriadi S.P., M.Si. [irm]


Komentar Pembaca