Ingin Tahu Usia Tubuh Anda? Cek di Sini ya..

Kesehatan  JUMAT, 18 NOVEMBER 2022 | 20:00 WIB

Ingin Tahu Usia Tubuh Anda? Cek di Sini ya..

Orang bisa saja berusia muda, tetapi tubuhnya sudah lanjut usia (lansia). Sebab usia tubuh secara kronologis tidak sama dengan usia tubuh biologis. Karena itu menjadi penting untuk mengetahui Body Age (Usia Tubuh) kita.

dr. Arina Heidyana dilansir dari laman Klikdokter.com, Jumat (18/11/2022) mengatkan, Body Age adalah salah satu hal yang dapat diperhatikan untuk memantau kesehatan. Usia tubuh yang lebih tua dari usia sebenarnya merupakan salah satu penyebab mengapa penyakit-penyakit kronis yang dahulu lebih mengincar orang tua kini makin banyak terjadi pada orang muda.

Usia Biologis dan Usia Kronologis
Umur terdiri dari dua jenis, yaitu Usia Kronologis dan Usia Biologis. Ketika orang bertanya usia kamu, pasti kamu akan menjawab berdasarkan jumlah tahun yang telah berlalu sejak lahir. Itulah yang disebut Usia Kronologis.

Usia Biologis dikenal juga dengan sebutan Usia Fisiologis atau Fungsional. Usia biologis atau Body Age adalah ukuran seberapa baik atau buruk fungsi tubuh dibandingkan usia kronologis.

Usia biologis dipengaruhi banyak faktor, seperti genetik, gaya hidup, nutrisi, dan sebagainya. Jadi, usia biologis bisa lebih muda atau lebih tua dari usia kronologis.

Misalnya, seseorang berusia 24 tahun tapi ia jarang olahraga, tidur tidak teratur, mengonsumsi makanan tinggi kalori, dan merokok. Nah, usia biologisnya bisa saja lebih tua dari 24 tahun.

Usia kronologis akan selalu menjadi angka yang mudah ditentukan. Sedangkan, usia biologis bergantung pada sejumlah variabel yang dapat berubah.

Tidak hanya kulit wajah yang bisa mengalami penuaan dini, tubuh juga bisa. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi body age sehingga lebih tua dari usia sebenarnya.

Berikut hal-hal yang dapat memengaruhi usia tubuh:

1. Stres
Stres ternyata memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan. Nah, cara tiap orang menanggulangi stres pasti berbeda. Kalau caranya salah, maka usia tubuh bisa menjadi lebih tua.

Cara-cara yang salah dalam mengelola stres dapat merusak tubuh, contohnya makan berlebih, minum alkohol, atau menggunakan obat-obatan tanpa pengawasan dokter.

2. Kurang Tidur
Tidur yang cukup dibutuhkan tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang baik pasti menandakan sel-sel tubuh yang baik juga.

Faktor body age dapat dipengaruhi oleh terpenuhinya waktu tidur. Jika kamu kurang tidur, kesehatan sel-sel tubuh akan terpengaruh sehingga membuat usia biologis menjadi lebih tua dari usia sebenarnya atau kronologis.

3. Paparan Racun dari Luar Tubuh
Setiap hari tubuh kita pasti terpapar berbagai polusi, asap rokok, dan bahan kimia lainnya, sehingga meningkatkan jumlah radikal bebas di dalam tubuh. Faktor usia tubuh dapat dipengaruhi oleh kondisi ini.

Peningkatan radikal bebas di dalam tubuh mampu merusak sel-sel tubuh dan membuat usia tubuh lebih tua.

4. Keturunan
Faktor genetik juga bertanggung jawab terhadap body age. Sama seperti penyakit tertentu yang diturunkan dalam keluarga, umur panjang juga.

Jika kamu memiliki anggota keluarga yang telah hidup lebih dari 86 tahun, kemungkinan kamu akan berumur panjang juga. Dengan catatan, kamu juga harus rajin menerapkan pola hidup sehat!

5. Lingkungan
Faktor penting lainnya yang juga memengaruhi usia tubuh adalah lingkungan tempat tinggal. Bukan rahasia lagi bahwa lingkungan dan budaya tempat kamu tinggal mencerminkan kebiasaan kesehatan dan berkontribusi pada keselamatan maupun makanan yang kamu makan.

Misalnya, orang yang tinggal di lingkungan tidak aman pasti akan jarang beraktivitas ke luar rumah untuk olahraga. Bahkan, ia cenderung mengalami tingkat stres yang lebih tinggi.


Cara Menghitung Usia Tubuh
Penasaran berapa body age kamu? Berikut cara menghitung umur biologis:

Langkah 1
Lakukan pengukuran lingkar pinggul. Caranya, ukur lingkar pinggul dan lingkar pinggang. Kemudian, bagi hasil pengukuran tersebut (dalam sentimeter).

Jika hasilnya kurang dari 0,816, maka tambah 4 tahun dari usia kamu saat ini.

Langkah 2
Gunakan jari telunjuk dan jari tengah tangan kanan untuk menghitung jumlah denyut nadi. Rabalah denyutan nadi di area pergelangan lengan kiri, yang terletak di bawah ibu jari tangan kiri.

Setelahnya, body age bisa diketahui dengan menghitung jumlah denyut nadi yang terasa dalam waktu 10 detik, lalu kalikan 6.

Jika hasilnya:
    54-59 kali, kurangi 4 tahun dari usia saat ini
    60-64 kali, kurangi 2 tahun
    65-72 kali, tambahkan 1 tahun
    73-76 kali, tambahkan 2 tahun

Usia tubuh bisa lebih tua jika denyut nadi meningkat saat dihitung. Ini bisa terjadi bila kamu baru saja berolahraga, sedang bergerak, marah, atau cemas.

Langkah 3
Duduklah dengan kedua kaki berselonjor. Tegakkan punggung dan bentangkan kedua lengan di depan kamu setinggi bahu. Tandai pada lantai (di sisi kanan-kiri kaki) titik yang berada persis di bawah ujung-ujung jari tangan.

Pelan-pelan, cobalah meraih ke depan dengan mempertahankan kedua kaki tetap lurus. Tandai sampai mana ujung-ujung jari kamu mencapainya, lalu ukur jarak antara kedua tanda tersebut (dalam sentimeter).

Jika hasilnya:
    0-25 cm, tambahkan 3 tahun
    25,1-37 cm, tambahkan 2 tahun
    37,1-40 cm, kurangi 2 tahun
    Lebih dari 40 cm, kurangi 3 tahun

Langkah 4
Cara menghitung body age bisa dilakukan dengan menghitung seberapa lamanya kamu bertahan melakukan push up. Caranya, lakukan sebanyak mungkin push up tanpa berhenti. Kamu bisa melakukannya dengan bertumpu pada lutut.

Pertahankan tubuh dalam posisi lurus dan turunkan dada sampai kurang lebih 10 cm dari lantai. Jika mampu melakukan sebanyak:
    0-30 kali, tambahkan 2 tahun
    31-60 kali, tambahkan 1 tahun
    61-90 kali, kurangi 1 tahun
    Lebih dari 90 kali, kurangi 2 tahun

Langkah 5
Jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini untuk menghitung usia biologis kamu. Jangan lupa hitung total poin yang didapat, ya.

    Saya biasanya makan _____ kali per hari (termasuk camilan):

    Dua kali: 1 poin
    Tiga kali: 2 poin
    Empat kali: 3 poin
    Lima kali: 4 poin

    Saya _____ mengonsumsi camilan tinggi lemak atau gorengan:

    Sering (7 kali atau lebih dalam seminggu): 1 poin
    Kadang-kadang (4-6 kali dalam seminggu): 2 poin
    Jarang (0-3 kali dalam seminggu): 3 poin
    Tidak pernah: 4 poin

    Saya _____ mengonsumsi makanan yang mengandung buah atau sayuran:

    Tidak pernah: 1 poin
    Jarang (1-5 kali dalam seminggu): 2 poin
    Kadang-kadang (6-9 kali dalam seminggu): 3 poin
    Sering (10 kali atau lebih dalam seminggu): 4 poin

    Saya _____ menghindari makanan olahan yang mengandung lemak trans, lemak jenuh, dan sejumlah besar gula, garam, nitrat, serta bahan kimia lain:

    Tidak pernah: 1 poin
    Jarang (tidak memengaruhi kebiasaan makan): 2 poin
    Kadang-kadang (mencoba untuk membeli atau mengonsumsi makanan sehat, tetapi terkadang lupa): 3 poin
    Hampir selalu (secara sadar menghindari membeli atau mengonsumsi makanan yang mengandung zat-zat tersebut): 4 poin

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, cara menghitung body age bisa kamu lakukan dengan menjumlahkan poin.

    Jika total poin 0-9, tambahkan 3 tahun
    Jika 10-12, tambahkan 2 tahun
    Jika 13-15 poin, kurangi 2 tahun
    Jika 16-18 poin, kurangi 3 tahun

Jika body age kamu lebih tua dari usia kronologis, jangan khawatir. Tetap ada cara mengurangi usia biologis dan membuatnya lebih sehat:
    Rajin olahraga dan aktif bergerak
    Konsumsi makanan lebih sehat dan bergizi seimbang
    Jaga berat badan ideal
    Istirahat cukup
    Kurangi stres
    Lakukan pemeriksaan kesehatan rutin
    Hindari merokok dan minum alkohol

Jangan buru-buru pesimis bila ternyata body age kamu tak semuda yang dibayangkan. Perubahan gaya hidup lebih sehat bisa membantu mengembalikan usia biologis ke usia saat ini atau bahkan lebih muda.[ros]

 


Komentar Pembaca