Kini, Produk Halal Jadi Gaya Hidup Berkelas dan Universal

Ekonomi Syariah  KAMIS, 17 NOVEMBER 2022 | 20:00 WIB

Kini, Produk Halal Jadi Gaya Hidup Berkelas dan Universal

Wapres saat membua Forum Halal 20

Produk halal tidak hanya menjadi kebutuhan Umat Islam, melainkan sudah menjadi bagian gaya hidup universal. Sebab kegemaran terhadap produk halal bukan lagi bedasarkan ajaran agama tetapi didasari atas kesadaran akan kesehatan, kebersihan, hingga keseimbangan alam.
 
Demikian dikatakan Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma'ruf Amin saat membuka Halal Partnership G20 di Hotel Padma, Semarang, Jawa Tengah, petang ini Kamis (17/11/2022).

Wapres mengatakan, "Kesemuanya bermuara pada keyakinan akan pentingnya menciptakan masa depan yang kokoh dan berkelanjutan."
 
Dikatakan Wapres, di tingkat global pasar halal kian menarik bagi produsen serta pelaku perdagangan antarnegara. Konsumsi umat muslim dunia tahun 2021 menembus USD2 triliun. Bahkan, pada 2025 diproyeksikan mencapai USD2,8 triliun.

"Sejumlah negara telah menikmati manfaat dan keuntungan dari volume perdagangan dan nilai transaksi produk halal antarnegara," tambah Wapres.
 
Lebih lanjut dikatakan Wapres, fenomena meningkatnya perdagangan produk halal antarnegara turut membawa konsekuensi penting. Terutama dalam menjawab tantangan mewujudkan penyelenggaraan jaminan produk halal secara holistik, inklusif, dan berkelanjutan.
 
Menurutnya, kerja sama internasional terkait jaminan produk halal kini adalah sebuah keniscayaan. Oleh karena itu, Indonesia menyelenggarakan Forum Halal 20 yang sangat relevan dengan perkembangan industri halal saat ini.

Indonesia, terus berkomitmen mengembangkan dan memperkuat kerja sama pasar halal global, baik dengan negara-negara anggota G20, maupun negara-negara tujuan ekspor Indonesia lainnya.
 
"Semoga forum ini menjadi media bertukar pengetahuan, sarana diskusi yang produktif, serta menghasilkan berbagai kesepakatan, kerja sama, dan program yang konkret," tandas Wapres.[ros]


Komentar Pembaca