Kenali Gejala Khas Omicron XBB

Kesehatan  MINGGU, 13 NOVEMBER 2022 | 10:45 WIB

Kenali Gejala Khas Omicron XBB

Net

Kenaikan kasus COVID-19 di Indonesia kembali terjadi, kali ini diduga imbas subvarian Omicron XBB. Hingga Kamis (10/92022), Kementerian Kesehatan RI mencatat total kasus COVID-19 dengan infeksi Omicron XBB di RI sebanyak 48 kasus. Disebut-sebut bergejala lebih enteng, seperti apa gejala khas Omicron XBB?

Juru bicara Kemenkes RI Mohammad Syahril membenarkan, gejala Omicron XBB relatif lebih ringan dibandingkan subvarian Omicron lainnya yang juga sempat merebak, yakni BA.4 dan BA.5.

"XBB saat ini tercatat ada 48 (kasus) tersebar di beberapa provinsi, belum semua provinsi. Tapi ini lagi digencarkan pemeriksaan sequencing yang sedang dirawat, baik itu diisolasi maupun ruang ICU," ungkapnya dalam konferensi pers virtual 'Konferensi Pers Perkembangan Kasus COVID-19 di Indonesia'.

"Kemudian gejalanya lebih ringan daripada yang BA.4 maupun BA.5. Memang ada yang dirawat pasien ini, tapi sebagian besar diisolasi mandiri. Yang dirawat ada yang juga sembuh," imbuh Syahril.

Menular Lebih Cepat

Namun begitu, Syahril menambahkan, penularan subvarian Omicron XBB cenderung lebih mudah dibanding subvarian Omicron lainnya.

"XBB termasuk XBB1 memang dia mutasi dari BA.2 maupun BA.2.75. Transmisinya memang lebih cepat dibandingkan BA.5. Dia cepat, hanya saja seperti halnya BA.4 dan BA.5 sebelumnya, tingkat keparahannya lebih rendah," bebernya.

"Imun escape-nya hampir sama, adalah kemampuan untuk menghindar dari antibodi yang ada pada tubuh apakah dari antibodi yang didapat atau antibodi karena vaksin," pungkas Syahril.

Hal senada sempat disampaikan oleh Ketua Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sekaligus spesialis paru RS Persahabatan dr Erlina Burhan, SpP(K). Menurutnya, gejala pasien COVID-19 dengan subvarian Omicron XBB memang ditemukan mirip dengan varian Corona lainnya.

dr Erlina memaparkan, gejala subvarian Omicron XBB berupa:

* Demam
* Batuk
* Lemas
* Sesak
* Nyeri kepala
* Nyeri tenggorokan
* Pilek
* Mual
* Muntah
* Diare


Komentar Pembaca