Unik & Bersejarah, Inilah 8 Stadion Piala Dunia Qatar 2022

Internasional  RABU, 09 NOVEMBER 2022 | 20:00 WIB

Unik & Bersejarah, Inilah 8 Stadion Piala Dunia Qatar 2022

Stadion Al Thumama -Doha/foto:net

Gegap Gembita Piala Dunia 2022 sudah mulai terasa. Ajang 4 tahunan yang selalu dinanti jutaan penggemar sepak bola se-antero dunia itu, kini bakal digelar di salah satu negara Arab, yakni Qatar.

Untuk perhelatan besar tersebut, Qatar telah menyediakan berbagai fasilitas, salah satunya adalah stadion. Beberapa stadion telah disiapkan. Lalu, apa saja stadion Piala Dunia Qatar 2022 yang telah disiapkan tersebut?

Turnamen Piala Dunia 2022 ini, akan menjadi edisi ke-22 kompetisi Piala Dunia FIFA. Ini akan menjadi Piala Dunia pertama, yang diadakan di Timur Tengah dan dunia Arab. Ini juga akan menjadi Piala Dunia kedua, yang diadakan di Asia setelah Piala Dunia 2002, yang diadakan di Korea Selatan dan Jepang.

Turnamen Piala Dunia di Qatar, juga akan menjadi yang terakhir menampilkan 32 tim, karena jumlah tim telah ditingkatkan menjadi 48 untuk turnamen Piala Dunia 2026 dan seterusnya, yang akan diadakan di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Sebagai tuan rumah, Qatar sedikitnya telah menyiapkan 8 stadion yang unik, menarik dan bersejarah. Negara ini bermaksud memperlihatkan bahwa stadion yang dimilikinya mencerminkan aspek sejarah dan budaya Qatar.


Berikut 8 Stadion Piala Dunia Qatar 2022, seperti dilansir dari islampos.com :


1. Stadion Ahmad Bin Ali

Kapasitas stadion ini 40.000 orang. Dibangun di lokasi bekas lapangan klub (Klub Olahraga Al Rayyan), desain lengkung yang indah dari Stadion Ahmad Bin Ali, mengintegrasikan aspek budaya Qatar, sementara fasilitas di sekitarnya dan struktur berbentuk bukit pasir juga mencerminkan lahan di sekitarnya.

Pola-pola yang terlihat di luar seperti bentuk geometris yang sering ditemukan dalam arsitektur Islam dan kerumitannya yang mengesankan mencerminkan kerajinan tangan yang indah yang diproduksi di Qatar.

Pertandingan yang akan berlangsung di stadion ini adalah 5x Pertandingan Grup dan 1x pertandingan babak 16 Besar.

 

2. Stadion Al Bayt, Kota Al Khor

Kapasitas stadion ini 60.000 orang. Stadion ini mengambil namanya dari bayt al sha'ar, tenda yang secara historis digunakan oleh orang-orang nomaden di Qatar dan kawasan Teluk. Dan seperti tenda pengembara sejati, itu akan portabel. Struktur tenda raksasa menutupi seluruh stadion, yang terletak di kota utara Al Khor .

Penyelenggara mengatakan, sekitar 28.000 kursi dari stadion akan disumbangkan ke negara-negara berkembang setelah turnamen.

Pertandinganyang akan dilangsungkan di stadion ini adalah 5x Pertandingan Grup (termasuk Pertandingan Pembukaan), 1x Babak 16 Besar, 1x Perempat Final, dan 1x Semi Final.

 

3. Stadion Al Janoub, Al Wakrah

Kapasitas stadion ini 40.000 orang. Stadion Al Janoub adalah tempat turnamen Qatar 2022 pertama yang dibangun dari awal.

Ditemukan di kota pesisir Al Wakrah – terletak tepat di sebelah selatan ibu kota, Doha – hubungan daerah tersebut dengan laut, yang sebelumnya dikenal sebagai desa mutiara, memengaruhi desain mengalir dari eksterior stadion yang mencolok, yang dikembangkan bersama dengan Arsitek Zaha Hadid yang terkenal di dunia.

Pertandingan yang akan berlangsung di stadion ini adalah 5x Pertandingan Grup dan 1x Babak 16 Besar.

 

4. Stadion Al Thumama, Doha

Kapasitas stadion ini 40.000 orang. Bentuk stadion yang bulat dan berani mencerminkan gahfiya – topi tenun tradisional, yang dihiasi oleh pria dan anak laki-laki di seluruh Timur Tengah selama berabad-abad. 

Ini adalah bagian yang dicintai dari budaya keluarga Arab, yang melambangkan martabat dan kemandirian, menandai jalan setiap anak laki-laki menuju kedewasaan.

Arab Engineering Bureau (AEB) yang terkenal adalah salah satu firma arsitektur dan teknik tertua di Qatar – dan bertanggung jawab atas konsep dan desain skema Stadion Al Thumama.

Pertandingan yang akan dilaksanakan di stadion ini adalah 5x Pertandingan Grup, 1x Babak 16 Besar, dan 1x Perempat Final.

 

5. Stadion Kota Pendidikan, Al Rayyan

Stadion ini berkapasitas 40.000 orang, ini baru selesai dibangun pada 2020 lalu. Stadion Kota Pendidikan Doha ini, dapat ditemukan di tengah beberapa universitas terkemuka. Daerah ini adalah rumah bagi Yayasan Qatar untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Pengembangan Masyarakat, dengan akademisi dan inovasi di jantung etos masyarakat.

Fasadnya menampilkan segitiga yang membentuk pola geometris kompleks berlian, tampak berubah warna dengan pergerakan matahari melintasi langit. Pada malam hari, fasad menampilkan pertunjukan cahaya warna-warni, membuatnya semakin menarik perhatian.

Pertandingan yang akan diselenggarakan di stadion ini adalah 5x Pertandingan Grup, 1x Babak 16 Besar, dan 1x Perempat Final.


Stadion Ahmad bin Ali/foto:net

6. Stadion Internasional Khalifa, Doha

Stadion ini dibuka pada 1976 dan terakhir direnovasi pada 2017. Kapasitasnya adalah 45.416 orang.
Berada di Al Rayyan, Doha, Khalifa International Stadion memiliki sejarah panjang menjadi tuan rumah acara olahraga besar sejak tahun 1976. 

Stadion ini juga berfungsi sebagai stadion Nasional Qatar, tempat tersebut mengalami pembangunan kembali yang ekstensif untuk mempersiapkannya untuk Piala Dunia FIFA.

Stadion Internasional Khalifa memiliki sejarah tuan rumah yang terkenal, setelah sebelumnya menyambut Asian Games, Piala Teluk Arab, dan Piala Asia AFC, di antara acara lainnya.

Terletak di pusat semua venue 2022, stadion akan memainkan peran penting dalam turnamen ini, yang geografi uniknya dan sistem transportasi canggihnya akan menjadikannya kompetisi sepak bola internasional dengan koneksi terbaik yang pernah ada.

Pertandingan yang akan digelar di stadion ini adalah 5x Pertandingan Grup dan 1x Pertandingan Babak 16 Besar.

 

7. Stadion Lusail, Doha

Kapasitas stadion ini mencapai 80.000 orang. Di sinilah final Piala Dunia FIFA Qatar 2022 akan dipentaskan dan ditonton miliaran orang dari seluruh dunia.

Stadion Lusail ditetapkan menjadi tempat bersejarah karena banyak alasan. Ini akan menjadi stadion terbesar berdasarkan kapasitas pada Piala Dunia FIFA pertama yang diselenggarakan di Teluk, itu akan menjadi pusat kota metropolis baru bernama Lusail City.

Setelah Piala Dunia FIFA Qatar 2022 berakhir, Stadion Lusail akan diubah menjadi ruang komunitas termasuk sekolah, toko, kafe, fasilitas olahraga, dan klinik kesehatan.

Pertandingan yang akan berlangsung di stadion ini adalah 5x Pertandingan Grup, 1x Babak 16 Besar, 1x Perempat Final, dan 1x Semi Final, serta Final Piala Dunia 2022.

 

8. Stadion 974 atau Stadion Ras Abu Aboud, Doha

Kapasitas stadion ini 40.000 orang. Stadion 974 (sebelumnya Stadion Ras Abu Aboud) adalah sebuah stadion sepak bola di Ras Abu Aboud.

Desain inovatif Stadium 974 terinspirasi oleh perdagangan dan pelayaran Qatar di seluruh dunia. 974 adalah kode panggilan internasional untuk Qatar, serta jumlah pasti kontainer pengiriman yang digunakan dalam konstruksi.

Tempat 40.000 kursi yang inovatif memiliki desain yang luar biasa  dan akan menjadi tempat turnamen pertama yang dapat dibongkar sepenuhnya dalam sejarah Piala Dunia FIFA. Itu dibangun menggunakan kontainer pengiriman, kursi yang bisa dilepas, dan 'blok bangunan' modular lainnya.

Pertandingan yang akan dilangsungkan di stadion ini adalah 5x Pertandingan Grup dan 1x Babak 16 Besar. [mt]


Komentar Pembaca