Jadi Tuan Rumah R20 Berikutnya, Gus Yahya Serahkan Pataka Forum R20 kepada Tokoh Agama India

Internasional  JUMAT, 04 NOVEMBER 2022 | 09:15 WIB

Jadi Tuan Rumah R20 Berikutnya, Gus Yahya Serahkan Pataka Forum R20 kepada Tokoh Agama India

foto/net

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf menyerahkan penyelenggaraan Forum Agama G20 kepada tokoh agama India, HH Mahamahopadhyaya Swami Bhadreshdas. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Grand Hyat Nusa Dua, Bali, Kamis (3/11/2022).

Serah terima ini ditandai dengan penyerahan pataka Forum R20 dan plakat kepada Sri Ram Madhav Varanasi. 

Keduanya didampingi sejumlah tokoh, seperti Kepala Liga Muslim Dunia (LMD) untuk Asia Tenggara dan Australia, Syekh Abdurrahman Al-Khayyat; Perwakilan pemerintah Indonesia, Muhsin Syihab, Ahmad Suaedy selaku Ketua Panitia Forum R20, dan sejumlah tokoh agama dari India. 

Dalam sambutan penutupannya, Gus Yahya, sapaan akrab KH Yahya Cholil Staquf menyampaikan, bahwa momen ini sangatlah menyentuh. Ia sampai tidak dapat menemukan kata-kata yang tepat, untuk menggambarkan rasa terima kasih yang tak terhingga atas partisipasi para pembicara dan peserta dalam kegiatan tersebut. Hal itu dalam rangka menjawab panggilan untuk mencapai situasi ideal yang ingin dicapai bersama.

Pada kesempatan itu, Gus Yahya juga menyampaikan permohonan maaf dari Yang Mulia Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia, Syekh Mohammed bin Abdul Karim Al-Issa yang harus meninggalkan lebih awal pada Kamis (3/11/2022) siang tadi. Ia memiliki jadwal lain yang tidak bisa diabaikan dan harus dipenuhi.

"Beliau menyampaikan salam untuk kita semua, assalamu alaikum," katanya.

Kedua, Gus Yahya juga ingin menyampaikan ucapan syukur atas nama NU kepada Pemerintah Republik Indonesia. Utamanya kepada Presiden Joko Widodo atas dukungannya yang telah diberikan sehingga acara ini bisa terselenggara. 

"Pemerintah Indonesia telah memobilisasi semua sumber daya yang kami butuhkan untuk menyelenggarakan acara ini sehingga diselenggarakan dengan sebaik-baiknya. Dan juga memberikan dukungan penuh kepada semua pemerintah melalui para pejabat yang membantu kami untuk mengembangkan, mengelola, mengatur acara ini sejak awal sampai akhir," kata Gus Yahya, seperti dilansir dari NU Online, Kamis (3/11/2022).

Sebelumnya, Sri Ram Madhav menyampaikan ucapan selamat datang ke negaranya, India, pada tahun mendatang sebagai pemegang presidensi G20. 

"Selamat datang ke negara yang percaya setiap hal adalah suci, setiap bagian adalah suci. Semua gambar semua isi atau bersifat ketuhanan," katanya. 

"Negara itu (India) bukan hanya bertoleransi, bukan hanya menghormati, tapi merayakan keberagaman kemanusiaan. Kami adalah masyarakat India yang menghargai keberagaman," pungkasnya. [mt]


Komentar Pembaca