IN2MOTIONFEST: Rambah Pasar Global Optimalisasi Sumber Daya Lokal

Islamtainment  KAMIS, 27 OKTOBER 2022 | 23:30 WIB

IN2MOTIONFEST: Rambah Pasar Global Optimalisasi Sumber Daya Lokal

IN2MOTIONFEST/foto:Ist

Sejalan dengan prinsip sustainable fashion yang tengah menjadi perhatian dunia, perhelatan Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MOTIONFEST) mengusung tema "Local Product, Global Look" dengan memperkuat pemanfaatan sumber daya lokal dalam sektor fesyen Muslim Nasional melalui kekayaan wastra Nusantara, serta pengrajin dan pelaku UMKM dari berbagai daerah. 

Keunggulan wastra dari berbagai daerah potensial menjadi identitas produk modest fashion Indonesia yang membedakan dengan negara-negara lainnya sehingga berdaya saing tinggi.


Sebagai rangkaian kegiatan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) ke-9, Bank Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM dan Indonesian Fashion Chamber (IFC) menyelenggarakan IN2MOTIONFEST 2022 pada 5-9 Oktober 2022 di Jakarta Convention Center, Jakarta. 

Kegiatan ini terdiri dari pameran dagang berstandar internasional, fashion show, kompetisi, talkshow, dan business matching.

Berdasarkan data The State of the Global Islamic Economic Report yang diterbitkan tahun 2022, nilai konsumsi Muslim dunia untuk produk modest fashion pada tahun 2021 mencapai 295 Miliar USD dan di tahun 2025 diperkirakan naik menjadi 375 Miliar USD, di mana Indonesia menduduki peringkat ketiga setelah Uni Emirat Arab (UEA) dan Turki. Angka konsumsi produk fesyen Muslim di Indonesia tersebut ditargetkan menjadi peluang yang potensial.


"Kami terus berusaha meningkatkan industri sektor fesyen Indonesia agar tak hanya tuan rumah di negeri sendiri, tetapi juga bisa mengglobal. Indonesia sebagai negara yang begitu kaya dengan budaya dan wastra, kami rasa ini menjadi satu hal unik untuk bisa kita kembangkan ke depan. Indonesia dengan jumlah penduduk Muslim terbesar saat ini, dengan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki, kami optimis dapat menjadi tuan rumah, bahkan sebagai eksportir pemain global untuk produk fesyen," kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti dalam sambutannya di IN2MOTIONFEST 2022.

IN2MOTIONFEST 2022 menampilkan 1.256 karya dari 163 desainer fesyen dan aksesoris unggulan Indonesia yang mewakili berbagai asosiasi fesyen; anggota IKRA sektor fesyen dan aksesoris; binaan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag); perwakilan dari sekolah mode di Indonesia; serta berbagai komunitas.


Keseluruhan koleksi memperlihatkan keragaman produk fesyen muslim dan aksesoris Indonesia yang meliputi ready to wear, deluxe street wear, office wear, cocktail wear (semi formal), dan syar'i eveningwear (baju pesta/formal).

Desainer dan jenama yang menampilkan karyanya dalam IN2MOTIONFEST 2022 antara lain Ayu Dyah Andari, ASK by Asky Febrianti, AM by Anggiasari, Barli Asmara, ButtonScarves, Benang Jarum, Deardein X Atas Bawah, DAUKY, Fenny Saptalia, GADIZA by Rosie Rahmadi, Hannie Hananto, Irna Mutiara, Jenahara,
Jenna & Kaia, Khanaan, kami., KurzienKarzai, L by Laudya Chintya Bella, Lisa Fitria, Malik Moestaram,Nada Puspita, Najua Yanti, Rya Baraba, Restu Anggraini, SHAFIRA, Sofie, ZM by Zaskia Mecca, dan dari negara lain, yaitu Syahrir Nurdin dari Malaysia, Yod Koko dari Thailand, dan A3 dari Perancis X Emmy Thee.


"Melalui IN2MOTIONFEST diharapkan para desainer dapat mengambil peran sebagai agregator bahkan akselator sektor fesyen dengan keterlibatan para aktor di setiap lini ekosistem fesyen Muslim.
Perhelatan ini ditargetkan dapat membawa brand-brand karya anak bangsa menjadi terkenal di kancah Internasional, dan ke depan para desainer fesyen Muslim Indonesia menjadi lebih giat dalam  menghasilkan karya-karya kreatif dan inovatif yang mampu go-global," kata Hanung Harimba Rachman, Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah
(Kemenkop UKM). [mt]




Komentar Pembaca