Program Satu Desa Satu Rumah Tahfidz Cetak Qori-Qoriah Berprestasi

Tentang Sumsel  JUMAT, 21 OKTOBER 2022 | 19:30 WIB

Program Satu Desa Satu Rumah Tahfidz Cetak Qori-Qoriah Berprestasi

H Herman Deru Sambut Kafilah Sumsel di Terminal VIP Bandara SMB II

Kafilah Sumatera Selatan bersinar di ajang MTQ Nasional XXIX Tahun 2022, yang digelar1 3-19 Oktober 2022, di Kalimantan Selatan (Kalsel).Kafilah Sumsel menduduki peringkat ke-8. Prestasi itu membuat Gubernur H Herman Deru berbangga.

Herman Deru mengenang, terakhir kali Sumsel menorehkan prestasi masuk 10 besar di ajang MTQ Nasional Tahun 2006.

"Ini prestasi luar biasa. Prestasi 10 besar ini terakhir kita rasakan 16 tahun lalu. Sebelumnya di MTQ Nasional ini, Kafilah Sumsel hanya mampu menduduki peringkat ke-24," kata Herman Deru ketika menyambut kembalinya Kafilah Sumsel di Terminal VIP Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Rabu (19/10/2022).

Herman Deru menyebut, pada gelaran MTQ Nasional XXIX ini, dirinya hanya menargetkan Sumsel masuk dalam 10 besar.

"Namun target itu terlampaui. Kini kita diberikan kebahagiaan dengan menduduki peringkat ke 8. Kita berhasil mengulang sejarah pada 2006 lalu. Artinya perjuangan kita selama ini membuahkan hasil yang baik," tuturnya.

Prestasi tersebut, lanjutnya, harus menjadi semangat kafilah untuk terus meningkatkan prestasinya.

"Ini harus terus kita tingkatkan. Spirit pembangunan satu desa satu rumah tahfidz juga harus semakin masif kita dengungkan. Ini juga semakin memantapkan kita menuju Sumsel religius," paparnya.

Diketahui, kesuksesan Sumsel meraih peringkat ke 8 pada MTQ Nasional XXIX tersebut setelah kafilah Sumsel yang dipimpin langsung oleh Ketua LPTQ Sumsel KH Mudriq Qori ini mengumpulkan nilai 12 poin.

Dimana nilai 12 poin tersebut diperoleh dari masing-masing cabang yakni, Juara 1 Karya Tulis Ilmiah Alquran (KTIQ) putra atas nama Abqoriyyin Hisan nilai 5, Juara 2 Fahmil Alquran  putra atas nama M. Fadlul Amal, Ahmad Azka An-nabil, dan Ahmad Zain Ardilah dengan nilai 3.

Lalu, juara 2 Tahfiz 10 juz putra atas nama Kms Abdurrahman Huzaifi dengan nilai 3, serta juara 3 tilawah remaja putra atas nama Chorin Min Alfi Syahrin dengan nilai 1.

Pada MTQ Nasional kali ini, Sumsel berhasil memenuhi target  masuk 10 besar atau tepatnya juara 8 bersama Provinsi Aceh Nangro Darussalam sebagaimana yang dibacakan ketua dewan Hakim  Prof. Dr. H Said Agil Husin Al Munawar M.A.

Hal itu juga dibenarkan oleh  Ketua LPTQ Sumsel Drs. KH. Mudrik Qori  menegaskan  prestasi yang didapat kafilah MTQ Sumsel tersebut  tidak lain berkat doa dan dukungan dari Gubernur Sumsel H Herman Deru dan seluruh warga Sumsel.

"Allahu Akbar. Berkat doa suport dan dukungan Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda, Ketum LPTQ, para kyai dan Seluruh Masyarakat Sumatera Selatan, Alhamdulillah, Allah anugerahkan Sumsel masuk  8 besar MTQ Nasional XXIX di Kalimantan Selatan 2022," ucap Ketua LPTQ Sumsel Drs. KH. Mudrik Qori.

Untuk diketahui  Sumsel telah mengutus  103 orang  kafilah pada MTQ di Kalsel. Meliputi  peserta 52 orang, pelatih 15 orang, Oficial, dokter perawat, tim IT dan lain lain sebanyak 36 orang.  Kafilah utusan Sumsel ini mengikuti tujuh cabang yang dilombakan meliputi Tilawah, Tahfizh, Tafsir, KTIQ, Syarhil Qur'an, Fahmil Qur'an dan Kaligrafi.[ros]

Adapun 10 besar peraih juara MTQ Nasional XXIX di Kalimantan Selatan 2022 berdasarkan SK Dewan Hakim Nomor : 05/Kep. DH/MTQN XX1X/2022 Tertangal 18 Oktober 2022.
1. Jatim dengan nilai 872. 
2. DKI Jakarta nilai 663. 
3. Kalsel  nilai 624.
4. Jabar  nilai 435.
5. Sumbar  nilai 356.
6. Sumut  nilai 227.
7. Kepri  nilai 208.
8. Sumsel dan Aceh ND nilai  129.
9. Jambi nilai 8
10. Jateng  nilai 7

 


Komentar Pembaca