M Anwar: Edukasi Warga tentang Penyakit Gagal Ginjal Akut

Kesehatan  JUMAT, 21 OKTOBER 2022 | 18:05 WIB | Deman

M Anwar: Edukasi Warga tentang Penyakit Gagal Ginjal Akut

Wali Kota Jakarta Timur M Anwar/Foto Moeslimchoice:Deman

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar menginstruksikan seluruh Lurah dan Camat bersama Tenaga Kesehatan Puskesmas di wilayahnya, aktif mengedukasi warga soal Penyakit Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal/Acute Kidney Injury (AKI).  

"Saya harapkan camat dan lurah menggandeng Puskesmas untuk sosialisasi ke warganya agar jangan beli obat sembarangan jika anaknya sakit," tutur Anwar, Jumat (21/10/2022).

Dikatakan Anwar,  warga perlu mengetahui tentang tiga jenis bahan kimia yang oleh Kemenkes RI disinyalir pemicu gagal ginjal yaitu ethylene glycol (EG), diethylene glycol (DEG), dan ethylene glycol butyl ether (EGBE).

"Ada tiga jenis bahan kimia yang disinyalir pemicu gagal ginjal, itu perlu disosialisasikan ke warga," kata Anwar.

Kasudin Kesehatan Jakarta Timur, Nikensari Koesrindartia menambahkan, saat ini pihaknya masih menunggu pernyataan BPOM dan Kemenkes tentang obat  apa saja yang mengandung  zat kimia berbahaya.  

Selain itu, kata Niken, pihaknya juga sudah meminta pada tenaga kesehatan di semua fasilitas kesehatan untuk sementara tidak meresepkan obat dalam bentuk cair pada masyarakat.

"Sebagai alternatif, dapat menggunakan bentuk sediaan lain seperti tablet, kapsul, suppositoria (anal), atau lainnya,” imbuh Niken.[ros]


Komentar Pembaca