Mitos PCOS yang Paling Umum pada Wanita

Kesehatan  JUMAT, 07 OKTOBER 2022 | 23:10 WIB

Mitos PCOS yang Paling Umum pada Wanita

Net

Berdasarkan data WHO, sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah gangguan hormonal yang paling umum pada wanita, kondisi ini umumnya menyerang perempuan berusia 15 hingga 49 tahun.

PCOS adalah kondisi kompleks dengan spektrum tanda dan gejala yang luas, seperti siklus menstruasi yang tidak teratur, kenaikan berat badan yang cepat, pertumbuhan rambut wajah dan tubuh yang tidak normal, hingga jerawat parah.

Sayangnya, sampai sekarang PCOS menjadi kondisi yang masih sering disalahpahami. Berikut 5 mitos paling umum menyangkut PCOS.

1 Menstruasi yang tidak teratur artinya menderita PCOS

Siklus menstruasi yang tidak teratur tidak selalu berarti seseorang menderita PCOS. Sebab ada banyak faktor menstruasi tidak konsisten, termasuk penurunan atau penambahan berat badan yang ekstrem, olahraga berlebihan, stres, atau kondisi medis lainnya.

Namun, jika menstruasi Anda terus tidak teratur, disarankan untuk konsultasi pada dokter.

2 Semua wanita dengan PCOS akan memiliki jerawat dan pertumbuhan rambut yang berlebihan

Faktanya, PCOS tidak selalu bergejala. Bahkan beberapa wanita tidak memiliki gejala sama sekali, yang merupakan salah satu alasan mengapa PCOS sering tidak terdeteksi.

3 Menurunkan berat badan akan menyembuhkan PCOS

Kebanyakan wanita dengan PCOS sangat resisten terhadap insulin. Dengan ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan insulin dengan benar, hal itu dapat menyebabkan kenaikan berat badan lebih cepat.

Namun, menurunkan berat badan tidak otomatis menyembuhkan PCOS.

4 Penderita PCOS tidak bisa hamil

Sementara PCOS adalah faktor umum di balik infertilitas, mereka yang menderita PCOS masih bisa hamil. Bagi mereka yang menderita PCOS dan ingin memulai sebuah keluarga, berkonsultasi dengan spesialis kesuburan dapat membantu.

5 PCOS tidak bisa disembuhkan

Meskipun tidak ada obat untuk PCOS, gejala kondisi ini masih dapat diatasi dengan obat-obatan, perubahan gaya hidup, atau keduanya. Pil kontrasepsi oral mungkin direkomendasikan oleh dokter untuk menginduksi menstruasi yang teratur.

Sedangkan pertumbuhan rambut yang berlebihan dapat diobati dengan metode penghilangan rambut, atau dengan penekanan produksi hormon pria menggunakan pil hormonal. Sesuai saran dokter tentunya.[irm]


Komentar Pembaca