Jamaah Umrah Kian Nyaman, Ada Bus Makkah Semua Rute

Kabar Tanah Suci  KAMIS, 06 OKTOBER 2022 | 19:05 WIB

Jamaah Umrah Kian Nyaman, Ada Bus Makkah Semua Rute

Pusat Transportasi Terpadu Komisi Kerajaan untuk Kota Makkah dan Tempat-tempat Suci telah mengumumkan penyelesaian fase uji coba terakhir proyek transportasi umum "Bus Makkah" dengan peluncuran semua rute.

Dengan selesainya fase terakhir, Pusat Transportasi telah mengoperasikan rute 3, 10, dan 11, yang pada gilirannya akan menghubungkan area pusat di sekitar Masjidil Haram ke sejumlah situs vital di Makkah seperti lingkungan Al-Shuhada , Al-Kakiyyah, dan Ju'ranah.

Proyek Bus Makkah mencakup 12 rute, dengan bus berhenti di hampir 200 stasiun pemberhentian, selain fakta bahwa lebih dari 200 bus, dari dua jenis, melewati rute tersebut.

Jenis bus pertama diidentifikasi sebagai bus reguler berkapasitas 85 penumpang, sedangkan tipe kedua bus gandeng berkapasitas 125 penumpang.

Kedua jenis bus ini tersedia sepanjang waktu dan dikemudikan oleh sekitar 550 pengemudi.

Bus-bus yang telah ditetapkan untuk trayek tersebut dicirikan dengan dilengkapi beberapa keunggulan, seperti: sistem pemadam kebakaran; pertolongan pertama; sistem perlindungan; kamera pengintai, dan sistem penghindaran tabrakan; layar e-informasi yang menampilkan data tujuan dan waktu; serta sistem audio dan visual untuk memperjelas informasi perjalanan di dalam bus.

Di antara fitur lainnya adalah: sistem hidrolik, yang berkontribusi untuk memfasilitasi akses penyandang disabilitas ke bus; ruang yang cukup untuk kereta bayi dan kursi roda. Selain itu semua bus dilengkapi dengan layanan Internet (Wi-Fi).

Pusat mengkonfirmasi bahwa rincian jadwal perjalanan dan lokasi yang tercakup oleh semua rute akan ditampilkan selama periode mendatang di akun Bus Makkah melalui platform Twitter.

Perlu dicatat bahwa Proyek Bus Makkah diluncurkan pada Februari 2022, karena Pusat menunjukkan bahwa fase terakhir dari proyek ini dianggap sebagai jarak terbesar dan terpanjang sejak diluncurkan.

Ia juga menambahkan bahwa, dengan selesainya tahap ini, Komisi Kerajaan untuk Kota Makkah dan Tempat Suci telah menyelesaikan semua fase operasi uji coba proyek, yang merupakan salah satu inisiatif program layanan jamaah haji dalam program Saudi. Visi Arab 2030.

Pusat tersebut mengkonfirmasi bahwa proyek tersebut, dalam semua tahap sebelumnya, telah menyaksikan kesuksesan besar dan permintaan besar dari pengunjung, peziarah, dan penduduk Makkah.[ros]


Komentar Pembaca
Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Rabu, 30 November 2022 | 18:10

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Selasa, 29 November 2022 | 18:55