Amalan yang Harus Dilakukan Saat 12 Rabiul Awal

Kajian  SELASA, 04 OKTOBER 2022 | 19:35 WIB

Amalan yang Harus Dilakukan Saat 12 Rabiul Awal

Net

Diketahui, hari kelahiran Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal Tahun Gajah (571 M) menjadi salah satu hari penting dalam catatan sejarah Islam. 

Peringatan hari Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444 H bertepatan dengan tanggal 8 Oktober 2022.

Pada peringatan Maulid Nabi tersebut, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan. Untuk selengkapnya, berikut ini beberapa amalan yang bisa dilakukan umat Muslim pada Hari Maulid Nabi SAW.

1.  Bershalawat

Pada perayaan Maulid Nabi SAW, setiap umat Muslim dianjurkan untuk melantunkan shalawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW. Hal ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Ahmad yang bunyi hadistnya seperti berikut ini:

Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, serta menghapus sepuluh kejelekannya.” (HR Imam Ahmad)

2. Bersedekah 

Sedekah salah satu amalan Maulid Nabi yang juga dianjurkan Rasulullah SAW. Bersedekah dapat membantu membuka pintu rezeki dan kebaikan-kebaikan lainnya. Ini tertuang dalam hadis Rasulullah SAW yang bunyinya sebagai berikut:

"Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.'" (HR. Imam Muslim)

3. Berdzikir

Berdzikir adalah amalan yang selalu diajarkan Rasulullah SAW. Allah SWT senantiasa melindungi orang-orang yang berdzikir. Ini tercantum dalam Alquran surat Al Ahzab ayat 41 - 42 yang bunyi ayatnya sebagai berikut:

Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya diwaktu pagi dan petang.” (QS. Al-Ahzab: 41 - 42)

Demikian informasi mengenai kapan tanggal 12 Rabiul Awal 2022 dan amalan-amalan yang bisa dilakukan umat Muslim pada peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Selain amalan di atas, ada juga amalan lainnya yang bisa dilakukan, beberapa di antaranya yaitu sholat sunnah, puasa sunnah, dan meneladani sifat-sifat Nabi. Semoga informasi ini bermanfaat. [Irm]


Komentar Pembaca