Buya Yahya Menyebut Kunci Membersihkan Hati Sangat Sederhana

Kajian  SELASA, 04 OKTOBER 2022 | 17:45 WIB

Buya Yahya Menyebut Kunci Membersihkan Hati Sangat Sederhana

Net

Buya Yahya mengatakan bahwa kunci membersihkan hati itu sangat sederhana. Ia mengatakan bahwa kita hendaknya tidak menengok kepada orang lain dalam urusan hati.

"Kalau ingin membersihkan hati itu kan kuncinya sederhana ya, jangan nengok hatinya orang. Anda nggak akan tau, tengok dirimu sendiri, selesai," ungkap Buya Yahya dilansir dari video short dalam kanal YouTube Bunda Febian 92 yang diunggah pada 4 Oktober 2022.

Buya Yahya pun mengatakan bahwa apabila kita menengok hati orang lain maka itu justru bisa menjadikan kita berprasangka buruk.

"Jadi nggak menilai orang lain itu sombong, nggak menilai orang lain itu pandai, ndak pernah. Karena dia belajar membersihkan hati. Wong disaat kita mengatakan orang itu sombong, kita sudah prasangka buruk, hati kotor kok," kata Buya Yahya.

Kemudian Buya Yahya mengungkapkan bahwa terkadang orang lain yang terlihat sombong ataupun ria justru bisa saja orang itu sangat tawadhu dan ikhlas.

"Alangkah banyaknya orang yanterlihat sombong, dia sangat tawadhu. Alangkah banyak orang terlihat ria, dia sangatl ikhlas. Itu bukan urusan kita. Makanya ilmu membersihkan hati adalah hatimu. Hatiku sendiri, bukan hati orang lain," kata Buya Yahya.

Buya Yahya lalu mengajak untuk melakukan introspeksi terhadap diri sendiri agari dapat memerangi penyakit hati di dalam diri kita.

"Adakah dengki di hatiku, adakah dendam di hatiku, adakah ria di hatiku, kita perangi. Setelah kita sukses memerangi, maka amal kita akan, amal yang bener, diterima oleh Allah, sampailah ke surga Allah," pungkas Buya Yahya. [Irm]


Komentar Pembaca