Tragedi Kanjuruhan

Kiai Said: Mari Lakukan Tobat Nasional

POLKAM  SELASA, 04 OKTOBER 2022 | 07:09 WIB

Kiai Said: Mari Lakukan Tobat Nasional

Dr KH iai Said Aqil Siradj, mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), meminta semua pihak tidak saling menyalahkan atas tragedi yang terjdai di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa timur. Sebaliknya, ia mengajak melakukan tobat nasional.

Dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/10/2022), ulama yang karib disapa Kiai Said ini mengatkan, adalah hal terbaik yang bisa dilakukan ketimbang mencari-cari kesalahan pihak lain atas peristiwa berdarah yang menewaskan sedikitnya 130 korban dan ratusan lainnya cedera itu.

“Mari kita membacakan Al-Fatihah kepada mereka yang menjadi korban, semoga diampuni dosa-dosanya. Melihat beberapa tragedi yang bertubi-tubi atas bangsa ini. Saya mengajak semua elemen bangsa, untuk sama-sama melakukan tobat nasional," ajak Kiai Said.

Ia menekankan bahwa Tragedi Kanjuruhan adalah sebuah ujian dari Allah SWT. Dia pun meyakini ada hikmah di balik setiap ujian.

"Tidak perlu mencari-cari kesalahan pihak atau orang lain," Kiai Said mengingatkan.

Sementara itu, Deputi Kajian Said Aqil Siroj Institute Abi Rekso memaknai seruan tobat nasional itu sebagai ajakan untuk melakukan refleksi bersama. Ini adalah ajakan yang meneduhkan tanpa harus menghakimi pihak atau orang lain.

Menurut Abi Rekso, “Jika orientasinya mencari kesalahan saja, maka akan ada polemik baru di tengah masyarakat. Kita jangan giring opini publik kesana. Di samping jumlah korban yang terus bertambah. Kita sepakat tragedi ini sejarah paling kelam sepak bola Indonesia dan dunia. Perlu adanya kebesaran hati kita, menerima tragedi ini sebagai pelajaran getir bagi bangsa dan dunia sepak bola kita."

Dikatakan Abi Rekso, Sepak bola adalah bagian yang tak bisa dipisahkan dari masyarakat. Namun, membangun kesadaran publik sepak bola atas pentingnya sportivitas juga keutamaan, sehingga tragedi seperti ini tidak pernah terulang lagi di Indonesia maupun Internasional.

 "Yang jauh lebih penting, jangan sampai tragedi Kanjuruhan ini diproduksi untuk kepentingan politis kaum elite," tandasnya.[ros]


Komentar Pembaca
Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Rabu, 30 November 2022 | 18:10

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Selasa, 29 November 2022 | 18:55