Sulsel Juara Anugerah Desa Wisata se-Indonesia 2022

Daerah  SENIN, 03 OKTOBER 2022 | 16:00 WIB

Sulsel Juara Anugerah Desa Wisata se-Indonesia 2022

Menparkeraf Sandiaga Uno menyerahkan penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 kepada Kadisbudpar Pemprov Sulsel, Muhammad Jufri saat mengunjungi desa wisata Campaga, Kabupaten Bantaeng,

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pempov Sulsel) meraih penghargaan dari Kementeri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparkeraf) sebagai provinsi dengan Desa Wisata Terbanyak pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Dalam program ADWI 2022, Sulsel berhasil mengirim desa terbanyak dibanding provinsi lain. Dalam ajang tersebut, dua desa di Sulsel juga behasil masuk dalam 50 besar desa wisata se-Indonesia. Keduanya ialah Desa Campaga di Bantaeng dan Desa Barania, Sinjai.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel, Muhammad Jufri mengungkapkan bahwa keberhasilan tersebut tidak lepas dari dorongan Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. Yang melakukan langkah-langkah dalam membangkitkan sektor pariwisata di Desa.

"Alhamdulillah, Sulsel sebagai Provinsi dengan desa wisata terbanyak pada Anugerah desa wisata Indonesia 2022," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulsel, Muh. Jufri, Senin (3/10/2022).

Menurutnya, capaian ini sebagai komitmen Gubernur termuda di Indonesia itu dalam mendorong agar desa-desa di Sulsel untuk mengoptimalkan potensi wisata untuk.


Termasuk dalam mendorong perbaikan infrastruktur jalan, maupun dukungan dalam pemberian bantuan keuangan Pemprov Sulsel untuk sarana prasarana penunjang di daerah.

"Bapak Gubernur Sulsel sudah memberikan bantuan ke Kabupaten Kota untuk pengembangan sektor Pariwisata, misalnya di Desa Rammang Rammang Maros, Desa Wisata di Toraja, Bantaeng, Bulukumba, Selayar, Sidrap dan kota kota lainnya," ujarnya.

Program Desa Wisata ini, lanjut Jufri, diharapkan dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat utamanya mereka yang berada di wilayah destinasi.

Capaian ini, tambahnya, atas arahan Gubernur bapak Andi Sudirman Sulaiman dan kerja keras seluruh pihak terutama dukungan Pemerintah Kabupaten/Kota se Sulsel melalui Kadis Pariwisata masing masing, Dinas Budpar khususnya Bidang Sumberdaya Pariwisata, kelompok Sadar Wisata (PokDarwis).

Sementara itu, Menparkeraf Sandiaga Uno mengungkapkan, penghargaan yang diberikan merupakan sebagai bentuk apresiasi atas Pemprov Sulsel sebagai provinsi dengan desa wisata terbanyak. 

”Kita berikan apresiasi, Sulsel menjadi juara se-Indonesia dengan 418 desa wisata yang masuk ke dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia ,” kata Sandiaga Uno  saat mengunjungi desa wisata Campaga, Kabupaten Bantaeng dan menyerahkan penghargaan tersebut.

Pihaknya juga berjanji akan melakukan pendampingan terhadap desa-desa wisata di Sulsel. 

"Kita akan melakukan pendampiangan agar Sulsel mampu mempertahankan juara desa wisata terbanyak se-Indonesia dalam ADWI tahun depan," tambah Sandiaga Uno.[fah]


Komentar Pembaca
Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Rabu, 30 November 2022 | 18:10

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Selasa, 29 November 2022 | 18:55