Dianggap Langgar Pemilu Anies Dilaporkan, Ini Kata Bawaslu

BERITA  KAMIS, 29 SEPTEMBER 2022 | 21:30 WIB

 Dianggap Langgar Pemilu Anies Dilaporkan, Ini Kata Bawaslu

foto/net

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menyatakan bahwa laporan soal tabloid KBA News dengan cover Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Masjid di Kota Malang, Jawa Timur, tidak memenuhi syarat materiel.  

"Laporan pelapor belum memuat dugaan pelanggaran karena belum adanya peserta pemilu yang ditetapkan oleh KPU dalam Pemilu 2024," kata Komisioner Bawaslu, Puadi seperti dilansir dari jpnn, Kamis (29/9/2022). 

Cover tabloid yang dilaporkan oleh Koordinator Nasional Masyarakat Sipil Peduli Demokrasi, Miartiko Gea dijadikan informasi awal oleh Bawaslu untuk ditelusuri. 

Berdasarkan kajian dan analisis yang dilakukan Bawaslu sejak 27 September 2022 lalu, laporan dugaan adanya aktivitas kampanye di tempat ibadah itu memenuhi syarat formil. Salah satu syarat formil tersebut adalah laporan disampaikan dalam tenggang waktu yang ditentukan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. 

Namun, syarat materiel tidak terpenuhi karena berdasarkan UU Nomor 7 Tabun 2017 dan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, laporan pelapor belum memuat dugaan pelanggaran pemilu. 

"Karena belum adanya peserta pemilu yang ditetapkan oleh KPU dalam Pemilu 2024," kata dia. 

Meskipun pelapor diberi kesempatan untuk memenuhinya, kata dia, syarat tersebut tidak mungkin dapat dipenuhi karena belum adanya peserta pemilu.

Sebelumnya, Masyarakat Sipil Peduli Demokrasi melaporkan Anies Baswedan ke Bawaslu, terkait penyebaran tabloid di sejumlah Masjid di Kota Malang. 

Koordinator Nasional Masyarakat Sipil Peduli Demokrasi, Miartiko Gea mengatakan, pihaknya telah mengadukan Anies karena diduga melakukan kampanye dini.  

"Sudah kami laporkan dan kami sertakan bukti-bukti hari ini," ucap Miartiko. 

Tabloid yang dilaporkan bercover gambar Anies Baswedan dengan tulisan "Mengapa Harus Anies". Tabloid tersebut berisikan tulisan mengenai kesuksesan dan rekam jejak Anies Baswedan. [mt]

 

 


Komentar Pembaca
Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Rabu, 30 November 2022 | 18:10

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Selasa, 29 November 2022 | 18:55