Bisa Cegah Diabetes, Ini 4 Manfaat Bunga Telang

Kesehatan  KAMIS, 29 SEPTEMBER 2022 | 17:00 WIB

Bisa Cegah Diabetes, Ini 4 Manfaat Bunga Telang

foto/net


Clitoria Ternatea adalah nama latin dari Bunga Telang. Tak banyak yang menyangka jika Bunga berwarna biru berbentuk seperti kupu-kupu ini, memiliki beragam manfaat, salah satunya mengontrol kadar gula dan kolestrol pada darah.  

Dilansir dari Healthline, tanaman herbal asli Asia ini diketahui kaya akan anthocyanin yang merupakan senyawa antioksidan. Ekstrak metanol dalam bunga telang, sangat berpotensi menjadi sumber antioksidan.

Kandungan senyawa flavonoid, antosianin, dan fenolik dalam Bunga Telang, juga bermanfaat untuk mengaktifkan peran antioksidan dalam tubuh. Antioksidan bermanfaat untuk membantu melindungi sel serta mengurangi stres oksidatif yang dapat mengakibatkan penuaan dini serta penyakit kronis lainnya. 

Ekstrak Bunga Telang diuji dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science dan hasilnya menunjukkan, aktivitas antidiabetes karena secara signifikan menurunkan kadar glukosa serum.  

Dari hasil penelitian ini, Bunga Telang membuat sel-sel penghasil insulin berfungsi dan terjadi stimulasi pelepasan insulin, sehingga dapat mengatasi diabetes. 


Berikut 4 Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan: 

1. Cocok bagi Penderita Diabetes

Bunga Telang yang diseduh menjadi teh atau minuman lainnya sangat cocok bagi seseorang yang menderita diabetes melitus tipe 2.


2. Kesehatan Mata 

Kandungan antioksidan dalam Bunga Telang, menurut laman MedicineNet, juga bermanfaat untuk kesehatan mata, serta meningkatkan aliran darah di kapiler mata. Peningkatan aliran darah ini, membuat mata dapat menyesuaikan perubahan cahaya yang masuk sehingga meningkatkan penglihatan.  

Tidak hanya itu, bunga telang juga bermanfaat dapat mencegah mata katarak, kerusakan retina, kaburnya penglihatan, serta menenangkan mata yang sedang meradang. 


3. Sembuhkan Luka

Manfaat lain dari Bunga Telang, yaitu mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini berkat kandungan flavonoid glikosida dalam biji Bunga Telang. 


4. Tingkatkan Memori

Manfaat Bunga Telang juga dikaitkan dengan efek peningkatan memori. Studi dalam Pharmaceutical 

Biology tahun 2000 menunjukan, mekanisme untuk meningkatkan memori adalah melalui kadar asetilkolin dalam otak yang bertambah setelah mengonsumsi Bunga Telang. 

Asetilkolin adalah neurotransmiter yang memainkan peran penting dalam fungsi normal otak dan tubuh. Asetilkolin berfungsi untuk memberitahu hipokampus agar menyimpan memori. Ini memainkan peran penting dalam kewaspadaan, perhatian, pembelajaran, dan memori. [mt]

 


Komentar Pembaca