Manfaat Nasi Merah yang Biasa Dikonsumsi Andrew White untuk Kesehatan

Kesehatan  KAMIS, 29 SEPTEMBER 2022 | 11:10 WIB

Manfaat Nasi Merah yang Biasa Dikonsumsi Andrew White untuk Kesehatan

Net

Andrew White dikenal dengan gaya hidupnya yang sehat. Dalam akun instagram pribadinya, suami Nana Mirdad ini kerap kali membagikan momen dirinya sedang berolahraga.

Namun, rupanya rahasia lain Andrew White memiliki tubuh yang atletis dan sehat yaitu menjaga pola makannya. Pria berusia 36 tahun mengaku, ia mengonsumsi nasi merah setiap harinya. Andrew mengungkapkan, untuk nasi putih hanya dikonsumsi saat ia berada di luar rumah.

“Di rumah kita makan nasi merah yang enak banget. Cuma kalau di jalan gini gak ada nasi merah jadi ya nasi putih. Jadi balance, gak setiap hari makan nasi putih juga,” ucap Andrew White saat diwawancarai di Gelora Bung Karno (25/9/2022).

Andre White menambahkan, untuk segala pola makan sehatnya yang mengatur adalah Nana Mirdad. Ia mengatakan, istrinya itu memang sangat peduli terhadap kesehatan. Oleh sebab itu, sang istri sangat mementingkan kesehatan, salah satunya dengan memberikan nasi merah untuk keluarga.

“Untuk makan tentunya dapat dukungan dari sang istri, gimana dia (Nana Mirdad) yang ikut campur di dapur. Dia tuh yang sangat pentingin kesehatan, buat aku dan anak-anak,” sambung Andrew White.

Terkait nasi merah yang dikonsumsi Andrew White dan keluarga ini memang dikatakan memiliki kandungan yang lebih baik dibandingkan nasi putih. Mengutip Alodokter, nasi atau beras merah memiliki kandungan yang lebih seimbang dan baik untuk kesehatan.

Selain itu, nasi merah juga memiliki berbagai manfaat lain yang baik bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat yang diberikan nasi merah untuk tubuh.

Mengontrol berat badan

Nasi merah mengandung serat, protein, dan karbohidrat kompleks yang lebih tinggi. Hal ini yang membantunya membuat seseorang kenyang lebih lama dibandingkan konsumsi nasi putih. Selain itu, menurut beberapa penelitian menunjukkan, nasi merah dapat mengendalikan berat badan sehingga baik untuk mencegah obesitas.

Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dan karbohidrat kompleks dalam nasi merah, rupanya juga membantu melancarkan pencernaan serta menjaga bakteri baik di dalam usus. Oleh sebab itu, mengonsumsi beras merah akan membantu mencegah sembelit.

Mengontrol kadar gula darah

Tidak hanya berat badan dan pencernaan, nasi merah juga membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Nasi merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Hal ini akan mencegah peningkatan gula darah ketika dikonsumsi. Mengonsumsi beras merah secara rutin juga baik untuk mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Nasi merah juga berguna untuk mengurangi penyakit kardiovaskular pada seseorang. Hal ini karena nasi merah juga mengandung antioksidan, magnesium, dan zat lignan yang membantu mencegah penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, beberapa kandungan tersebut juga membantu mengontrol tekanan darah serta adanya penyumbatan pembuluh darah. Dengan begitu, seseorang akan terhindar dari penyakit kardiovaskular yang berbahaya.

Mengurangi risiko kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam nasi merah seperti fenolat dan flavonoid, memiliki peran penting melindungi sel tubuh dari stres oksidatif yang memicu pertumbuhan kanker. Oleh karena itu, mengonsumsi nasi merah membantu mengurangi risiko kanker pada seseorang. [Irm]


Komentar Pembaca