Presiden Dianugerahi Gelar Dada Ma Dopo Malamo

POLKAM  RABU, 28 SEPTEMBER 2022 | 13:35 WIB

Presiden Dianugerahi Gelar Dada Ma Dopo Malamo

Satu lagi gelar kehormatan diberikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hari ini, Rabu (28/9/2022), Presiden mendapat gelar kehormatan dari Kesultanan Ternate, Maluku Utara, yaitu Dada Ma Dopo Malamo.

Gelar Kehormatan adat Dada Ma Dopo Malamo oleh Kesultanan Ternate dianugerahkan langsung oleh Sultan Ternate Ke-49 Hidayatullah Sjah di Kedaton Sultan Ternate, Maluku Utara tadi pagi.

“Pagi hari ini saya mendapatkan gelar dari Kesultanan Ternate, dari Sultan Hidayatullah Sjah, dengan gelar Dada Ma Dopo Malomo,” kata Presiden Jokowi usai prosesi.
 
Presiden Presiden mengucapkan terima kasih atas penganugerahan gelar adat tersebut. Presiden menyampaikan apresiasi kepada Kesultanan Ternate, yang telah telah menjaga serta merawat adat, tradisi, dan kearifan lokal.

“Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dikerjakan oleh Kesultanan Ternate menjaga, merawat adat, tradisi, kearifan lokal. Inilah yang sering saya sampaikan berkepribadian dalam berkebudayaan,” kata Presiden.
 
Ia berpandangan bahwa adat, tradisi, dan kearifan lokal yang ada di seluruh nusantara sangat penting untuk dijaga. Itu semua adalah kekayaan yang menjadi kunci persatuan dan kesatuan bangsa.
 
“Inilah kebinekaan negara kita yang terus harus kita rawat dan kita jaga sebagai sebuah kekuatan. Perbedaan itu bukan memecah tapi mempersatukan,” ungkapnya.
 
Dalam kesempatan yang sama, Sultan Hidayatullah Sjah menjelaskan bahwa gelar Dada Ma Dopo Malomo memiliki makna sebagai pemimpin besar atau pemimpin sebuah negara besar.
 
“Dalam memimpin negara besar itu kearifan dan kebijaksanaan seorang pemimpin lebih di kedepankan,” tuturnya.
 
Sebelum menerima gelar adat itu, lanjut Sultan, Presiden Jokowi juga telah dinobatkan sebagai Pangeran Kesultanan Ternate, dengan gelar Kaicil.

“Kaicil itu pangeran atau garis kesatu dari Sultan Ternate," kata Sultan.[ros]


Komentar Pembaca