Hebat..Indonesia Sudah Miliki 72 RS Syariah

Ekonomi Syariah  RABU, 28 SEPTEMBER 2022 | 07:50 WIB

Hebat..Indonesia Sudah Miliki 72 RS Syariah

Dr Yahmin Setiawan MARS

Pengurus Pusat Majelis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (PP MUKISI) Dr dr Yahmin Setiawan, MARS mengatakan, rumah sakit (RS) Syariah di Indonesia mendapatkan sambutan baik masyarakat luas. Sedikitnya sudah 72 RS Syariah tersebar di Indonesia.

Dr dr Yahmin Setiawan MARS yang juga Direktur Rumah Sakit Sari Asih, Serang, mengungkapkan itu dalam dalam Workshop Pra Ijtima’ Sanawi (Annual Meeting), Dewan Pengawas Syariah, Rumah Sakit Syariah, Penerbit Uang Elektronik, dan Penjualan Langsung Berjenjang Syariah” di Hotel Balairung, Jakarta, dilansir dari MUIDigital Rabu (28/9/2022).

“Animo masyarakat terkait rumah sakit syariah di Indonesia cukup menggembirakan. Tak hanya masyarakat, kami selaku komunitas Rumah Sakit turut senang dengan dengan adanya sertifikasi rumah sakit syariah ini,” tutur dr Yahmin.

Terkait sertifikasi rumah sakit syariah, Yahmin menyebut bahwa pihak MUKISI mengacu pada fatwa nomor 107 tahun 2016 yang ditetapkan oleh DSN-MUI tentang Pedoman Penyelenggaraan Rumah Sakit Berdasarkan Prinsip Syariah.

Menurut dr Yahmin, pertumbuhan rumah sakit yang telah tersertifikasi syariah hingga tahun 2022 telah mencapai 72 rumah sakit syariah yang tersebar di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

“Kami berharap mudah-mudahan semakin banyak rumah sakit syariah kedepannya. Karena berdasarkan data kami, rumah sakit syariah baru mencapai 5% dari keseluruhan rumah sakit yang ada di Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut, dr Yahmin menjelaskan terdapat 201 elemen penilaian yang digunakan oleh MUKISI sebagai proses sertifikasi Rumah Sakit Syariah.

Penilaian tersebut turut menyasar kepada keramahan dan komunikasi pelayanan rumah sakit terhadap pasien. Hal ini dilakukan agar masyarakat merasakan langsung pelayanan yang optimal, terutama kaitannya dengan ibadah muamalah ketika beriktiar melakukan pengobatan di rumah sakit.[ros]


Komentar Pembaca
Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Rabu, 30 November 2022 | 18:10

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Selasa, 29 November 2022 | 18:55