4 Manfaat Jus Tomat, Cegah Kanker hingga Jantung

Kesehatan  SELASA, 27 SEPTEMBER 2022 | 17:00 WIB

 4 Manfaat Jus Tomat, Cegah Kanker hingga Jantung

foto/net

Siapa yang tak kenal dengan buah Tomat. Meski sebenarnya buah, namun Tomat sering dianggap sebagai sayuran, karena pemanfaatannya yang lebih banyak dipakai sebagai pelengkap dalam setiap masakan. 

Tomat selain sebagai pelengkap masakan dan diolah dalam berbagai masakan, namun Tomat juga bisa dimakan atau dikonsumsi secara sendiri. Selain bisa dikonsumsi apa adanya, Tomat juga bisa dikonsumsi sebagai minuman, yakni dengan di jus, dan jus Tomat memiliki banyak manfaat kesehatan. 

Tomat menjadi sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Selain kandungan nutrisi dasarnya, jus Tomat juga membantu sistem kekebalan tubuh mencegah dan melawan sejumlah penyakit. 

Untuk mendapatkan semua manfaat yang terkandung dalam jus Tomat, maka harus menggunakan Tomat asli dan utuh serta memprosesnya sendiri. 

Segelas jus Tomat memberikan 74 persen nilai harian vitamin C dan 22 persen vitamin A. Kedua vitamin yang berkontribusi untuk membantu penglihatan yang lebih baik. Vitamin lain yang terkandung di dalamnya termasuk folat, vitamin E, K, dan vitamin B termasuk tiamin, niasin, asam pantotenat, riboflavin dan B-6. 

Jus Tomat menyediakan 16 persen potasium yang dibutuhkan untuk menjaga jantung berdetak dengan baik. Mineral lain yang terkandung yaitu mangan, fosfor, tembaga, besi, dan magnesium. 

Berikut 4 Manfaat Jus Tomat bagi Kesehatan Tubuh, seperti dilansir dari halodoc.com:

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular
Tomat adalah salah satu sumber likopen, antioksidan yang termasuk dalam keluarga karotenoid, yang meliputi beta-karoten dan lutein. Likopen membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, mencegah katarak, memberikan efek antiinflamasi untuk mengelola berat badan dan melindungi dari berbagai jenis kanker. 


2. Melindungi Kesehatan Jantung
Nutrisi penting dalam jus tomat yang mendukung kesehatan jantung yaitu kalium dan vitamin C dan E. Kalium penting untuk menjaga tekanan darah dengan mengurangi kelebihan natrium dalam tubuh. Likopen membantu memperkuat arteri dan mengurangi kadar kolesterol dalam darah. 


3. Membantu dalam Pencegahan Kanker
Minum segelas jus Tomat setiap hari bisa membantu mencegah berbagai bentuk kanker berkat kandungan likopen di dalamnya. Lagi-lagi likopen memiliki efek antiinflamasi dan anti-kanker yang berkaitan dengan penurunan risiko kanker payudara, prostat, dan paru-paru. 


4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Manfaat lain dari jus Tomat, yaitu membantu mengelola berat badan. Perawatan medis untuk menurunkan berat badan berfokus pada kebutuhan untuk mengurangi peradangan kronis, yang mungkin menjadi faktor dasar dalam mengelola berat badan. 

Peradangan mengganggu respon tubuh terhadap hormon leptin, yang memberi sinyal pada otak untuk berhenti makan saat kenyang. Resistensi terhadap leptin dianggap sebagai pendorong utama kenaikan badan pada manusia. Namun dengan mengurangi peradangan, leptin juga membantu mengontrol nafsu makan dan menurunkan berat badan. 

Meskipun jus Tomat sangat bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan, di sisi lain Tomat juga memiliki beberapa kelemahan. Beberapa produk jus Tomat mengandung garam tambahan yang meningkatkan kandungan natrium. 

Kandungan tinggi natrium mungkin bermasalah bagi orang yang sensitif terhadap garam. Terlalu banyak natrium bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. 

Kelemahan lain dari jus Tomat adalah seratnya sedikit lebih rendah dibandingkan tomat utuh. Jus Tomat utuh masih mengandung lebih tinggi serat dibandingkan minuman buah lainnya seperti jus apel dan jus jeruk tanpa ampas.

Perlu diketahui juga, banyak produk minuman jus tomat yang ditambahkan buah lain ke dalamnya. Hal ini bisa meningkatkan kandungan kalori dan gula. Bahkan beberapa produk mungkin mengandung gula tambahan. 

Sebaiknya buatlah jus Tomat sendiri dengan menggunakan tomat utuh dan sedikit tambahan gula atau tanpa pemanis sama sekali. Atau pilihlah produk minuman jus Tomat yang benar-benar 100 persen dari tomat utut tanpa tambahan garam atau gula. [mt]

 


Komentar Pembaca
Dokter Richard Lee Sebut Skincare Pakai Micin Aman, Asal...

Dokter Richard Lee Sebut Skincare Pakai Micin Aman, Asal...

KesehatanKamis, 24 November 2022 | 09:10

Ria Ricis Buat Moana Tertawa Terbahak-bahak Dikritik, Kenapa?

Ria Ricis Buat Moana Tertawa Terbahak-bahak Dikritik, Kenapa?

IslamtainmentKamis, 24 November 2022 | 06:40

Makkah Hujan, Sekolah dan Universitas Diliburkan

Makkah Hujan, Sekolah dan Universitas Diliburkan

Kabar Tanah SuciKamis, 24 November 2022 | 13:40

Anne Ratna Mustika Sebut Dedi Mulyadi Masih Punya Hutang Miliaran
Makkah dan Madinah akan Diguyur Hujan Deras pada Selasa-Rabu

Makkah dan Madinah akan Diguyur Hujan Deras pada Selasa-Rabu

Kabar Tanah SuciMinggu, 27 November 2022 | 19:43

MUI akan Sebarkan Islam Wasathiyah ke Seluruh Dunia

MUI akan Sebarkan Islam Wasathiyah ke Seluruh Dunia

POLKAMSelasa, 29 November 2022 | 23:50

Awal Januari, Kemenag Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah Haji

Awal Januari, Kemenag Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah Haji

NasionalSelasa, 29 November 2022 | 23:30

Imam Al-Hasan Al-Bashri Aplikasikan Ihsan dalam Muamalah

Imam Al-Hasan Al-Bashri Aplikasikan Ihsan dalam Muamalah

KajianSelasa, 29 November 2022 | 23:10

Hilman Latief: Penggunaan Nilai Manfaat Dana Haji Perlu Diproporsionalkan
Indonesia Ajak Negara-negara OKI Memajukan Industri Halal

Indonesia Ajak Negara-negara OKI Memajukan Industri Halal

Ekonomi SyariahSelasa, 29 November 2022 | 22:26