12 Tahun IKA BKPRMI, Ini Komitmennya untuk Memakmurkan Masjid dan Umat

BERITA  SELASA, 27 SEPTEMBER 2022 | 16:59 WIB

12 Tahun IKA BKPRMI, Ini Komitmennya untuk Memakmurkan Masjid dan  Umat

Peringatan milad ke 12 IKA BKPRMI berlangsung di kediaman almarhum Ustadz H. Toto Tasmara di Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan/ist

Ikatan Keluarga Alumni Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (IKA BKPRMI) pada 26 September 2022 genap berusia 12 tahun sejak didirikan tanggal 26 September 2010 di lampau, di Jakarta.

Peringatan milad ke 12 IKA BKPRMI berlangsung  di kediaman almarhum Ustadz H. Toto Tasmara di Cipete Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (26/9) malam. 

Hadir dalam acara milad tersebut Penasehat IKA BKPRMI Dr H. Anwar Ratna Prawira, Ketua Umum IKA BKPRMI Dr H. Andi Kasman serta jajaran pengurus pusat organisasi ini.

“Organisasi ini dilahirkan lewat amanah Rekomendasi MUNAS IX BKPRMI di Makassar dan MUNAS X BKPRMI di Banda Aceh yang kemudian di tegaskan pada RAPIMNAS BKPRMI tahun 2009 di Makassar, serta untuk pertama kalinya organisasi alumni ini bernama Himpunan Keluarga Besar BKPRMI, kemudian berganti nama menjadi IKA PRIMA dan akhirnya lewat Ketetapan MUNAS 1 IKA PRIMA tahun 2017 di Dewan Dakwah Jakarta berganti nama menjadi IKA BKPRMI,” demikian keterangan resmi PP IKA BKPRMI yang diterima redaksi, Selasa (27/09/2022).

Dijelaskan bahwa sebagai wadah berhimpunnya para pendiri, dan keluarga besar alumni BKPRMI dari seluruh Indonesia, IKA BKPRMI merupakan wadah resmi berbadan hukum Perkumpulan ORMAS yang ditetapkan lewat SK MENKUMHAM RI, dengan tujuan berikhtiar mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat ibadah dan kemasyarakatan serta pengembangan keummatan, kebangsaan dan ke-Indonesiaan di tengah masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Untuk itu, tidaklah benar jika IKA BKPRMI adalah bukan rekomendasi MUNAS BKPRMI dan bukan merupakan organisasi dari berhimpunnya para pendiri dan alumni BKPRMI beserta keluarga besarnya. Untuk itu, jika ada yang mengingkari serta tidak mengakui fakta sejarah ini, maka sesungguhnya mereka adalah para pengkhianat sejarah dan telah membelokkan arah perjuangan dakwah BKPMI/BKPRMI,” tegasnya.

Diterangkan pula bahwa IKA BKPRMI dalam kiprahnya selama 12 tahun telah eksis di seluruh provinsi di Indonesia. Para alumni BKPRMI dan keluarga besarnya yang berhimpun dalam IKA BKPRMI, terus berupaya melanjutkan gerakan dakwah yang menjadikan masjid sebagai pusat syiar serta kegiatan dakwah diseluruh bidang kehidupan sesuai kondisi dan kebutuhan masyarakat masing masing daerah.

Sebagai organisasi perjuangan, IKA BKPRMI juga terus meningkatkan peran kecendikiaan, yang bersifat kritis, profesional, berdasarkan kekuatan moral, ilmu pengetahuan dan nilai nilai Islam. Dengan melakukan kegiatan kegiatan diskusi, sarasehan, aksi sosial maupun aktivitas literasi yang menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat literasi (LABBAIK),” harapnya.

Terakhir disampaikan bahwa Insya Allah, pada November Tahun 2022 ini IKA BKPRMI akan menyelenggarakan MUNAS Kedua IKA BKPRMI di Sulawesi Selatan atau Jakarta, dengan Tema “Masjid Makmur, Indonesia Marhamah”  kembali merumuskan dan memantapkan program nasional IKA BKPRMI untuk bangsa dan ummat serta memilih pengurus pimpinan pusat untuk masa bakti selanjutnya.

“Semoga di usianya yang ke 12 tahun saat ini, IKA BKPRMI di masa akan datang dapat berperan lebih optimal dan bermanfaat bagi masyarakat. Berkiprah bersama potensi bangsa lainnya, merajut negeri yang indah ini, berbakti bagi kehidupan umat yang lebih baik dan sejahtera. Aminn yaa robbal alamin,” demikian release yang ditandatangani Ketum IKA BKPRMI Andi Kasman dan Sekjen IKA BKPRMI Fahmi Alamry tersebut.[fah]


Komentar Pembaca
Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Rabu, 30 November 2022 | 18:10

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Selasa, 29 November 2022 | 18:55