Meski Kondisi Pas-pasan, Tetaplah Sedekah

Kajian  SELASA, 27 SEPTEMBER 2022 | 14:20 WIB

Meski Kondisi Pas-pasan, Tetaplah Sedekah

net

Sedekah harus dilakukan dengan hati yang ihklas dan sukarela tanpa dibatasi waktu maupun jumlah atau nilai pemberian.

Menurut Ustadz Khalid Basalamah mengutip dari Channel YouTube Islam Terkini menyebut, tetaplah bersedekah meski kondisi saku sedang pas-pasan.

Sebab sedekah merupakan kemuliaan jiwa dan pebuka pintu rezeki yang lebih banyak. Ketika seseorang telah memiliki niat kepada orang lain, berarti sudah ada kemulian jiwa dalam hatinya.

Orang yang sering bersedekah akan lebih penyayang dan pengasih, sehingga secara tidak langsung menghilangkan sifat pelit dalam hidupnya.

“Seorang Muslim tidak perlu menunggu kaya baru kemudian dia bersedekah,” kata Ustadz Khalid Basalamah.

Seperti yang disebutkan dalam Surat Al-Hadid ayat 18, kalau bersedekah dapat melipatgandakan pahala.

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki  maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak,” (QS. Al-Hadid: 57/18).

Ustadz Khalid Basalamah mengatakan, sangat mudah sekali mendapatkan pahala sedekah. Bila hal ini sangat rutin dikerjakan, maka aka nada manfaat yang tak terduga yang dirasakan oleh seseorang.

Meski sedikit sedekah pun yang penting ikhlas, tetap akan mendatangkan respon dari Allah SWT. Allah SWT akan balas rezeki di dunia, serta akan memberikan juga dalam bentuk pahala yang besar di hari kiamat.

Rasulullah SAW bersabda, bahwa sesungguhnya sedekah bisa meredam murkanya Sang Pencipta, jadi hukuman Allah SWT bisa saja menghilang dengan kita bersedekah.

“Sesungguhnya sedekah bisa meredam kemurkaan Tuhan-Nya, dan menolak kematian yang jelek,” (HR. Tirmidzi).

Harus dipahami oleh setiap umat muslim, bahwa sedekah merupakan sebuah anjuran dalam Islam walaupun dia belum mencapai derajat orang-orang yang kaya.

Namun dirinya boleh bersedekah dengan apa yang dia miliki.

“Selalu rutinkan sedekah, karena manfaatnya banyak sekali, sedekah bisa menghilangkan masalah atau musibah dalam kehidupan kita,” ucap Ustadz Khalid Basalamah. [irm]


Komentar Pembaca
Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Rabu, 30 November 2022 | 18:10

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Selasa, 29 November 2022 | 18:55