Insya Allah, Indonesia Segera Punya Rumah Sakit Syariah

Ekonomi Syariah  SELASA, 27 SEPTEMBER 2022 | 10:00 WIB

 Insya Allah, Indonesia Segera Punya Rumah Sakit Syariah

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI)  Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Cholil Nafis menyebut, hadirnya Rumah Sakit Syariah di Indonesia merupakan upaya optimalisi yang menunjang kebutuhan keberagamaan umat.

Hal ini disampaikannya dalam pembukaan Workshop Pra-Ijtima’ Sanawi (Annual Meeting) Dewan Pengawas Syariah, Rumah Sakit Syariah, Penerbit Uang Elektronik, Penjualan Langsung Benjenjang Syariah, di Jakarta, pada Senin (26/9/2022).

“Adanya Rumah Sakit Syariah dikarenakan keharusan bagi umat Islam untuk melaksanakan syariat-nya di manapun ia berada,” jelas Kiai Cholil dilansir laman MUIDigital.

Menurut dia, kewajiban menjalankan syariat tak hanya berlaku pada proses pengobatan saja, diperlukan juga sarana dan prasarana yang dapat menjamin kepastian hukum.

Oleh sebab itu, hadirnya Rumah Sakit Syariah, menunjukkan kehadiran negara dalam keberlangsungan proses keberagamaan umat, khususnya bagi muslim di Indonesia.

“Upaya ini sejalan dengan visi DSN-MUI yaitu, memasyarakatkan ekonomi syariah dan mensyariahkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Di samping itu, Kiai Cholil juga menyampaikan beberapa aspek yang harus diperhatikan bagi Rumah Sakit yang ingin terstandarisasi Syariah atau pun yang telah terverifikasi Syariah.

Pertama, perlu adanya Dewan Pengawas Syariah (DPS), guna memastikan akad-akad yang ada seperti, akad antara pasien dengan Rumah Sakit, Rumah Sakit dengan tenaga medis, dan lain sebagainya.

Kedua, aspek obat-obatan yang digunakan harus memenuhi standar halal, kecuali jika berada dalam keadaan darurat.

Ketiga, pengelolaan dana yang harus sesuai dengan Syariah.

Kiai Cholil berharap, dengan adanya Rumah Sakit Syariah akan menjadi alternatif bagi umat. Kata Kiai Cholil, selain soal keuangan dan pengobatan, tempat pelayanannya juga telah sesuai dengan syariat.

“Hal ini, tentu akan memberikan ketenangan dan kenyamanan bagi umat, karena dapat menjalankan ajaran agama dengan baik dan optimal,” tandasnya.[ros]


Komentar Pembaca
Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Rabu, 30 November 2022 | 18:10

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Selasa, 29 November 2022 | 18:55