Islamofobia Eksis dalam Bentuk Paling Ganas di India

Internasional  SENIN, 26 SEPTEMBER 2022 | 14:00 WIB

 Islamofobia Eksis dalam Bentuk Paling Ganas di India

Menteri Luar Negeri Bilawal Bhutto Zardari telah menekankan bahwa Islamofobia adalah kenyataan, terlihat di sejumlah negara barat, tetapi manifestasinya yang paling mematikan adalah di India.

Dilansir Daily Times, Senin (26/9/2022), Menlu Pakistan itu bertemu dengan Perwakilan Tinggi untuk Aliansi Peradaban Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNAOC) Miguel Moratinos, dan membahas pekerjaan UNAOC dan jalan untuk kolaborasi, terutama dalam memperkuat dialog antar-agama, memerangi Islamofobia serta intoleransi berdasarkan agama atau kepercayaan .

Pertemuan itu digelar di sela-sela sidang Majelis Umum PBB ke-77 di New York. Mereka menekankan perlunya mencapai harmoni di antara beragam budaya dan masyarakat.

Bilawal meminta UNAOC untuk meningkatkan upayanya untuk menghentikan dan membalikkan Islamofobia, kefanatikan, dan diskriminasi berdasarkan agama dan kepercayaan.

Sambil mendorong dialog antaragama dan antarbudaya serta pertukaran ide di tingkat lokal, nasional dan internasional, perwakilan tinggi tersebut menegaskan kembali kesiapan UNAOC untuk mendukung semua upaya yang mempromosikan dialog berkelanjutan dan menumbuhkan rasa saling menghormati dan pengertian, termasuk cara memerangi Islamofobia.

Dibuat pada tahun 2005, salah satu tujuan inti UNAOC adalah untuk memajukan rasa saling menghormati terhadap semua budaya, tradisi, dan keyakinan agama. Ini berfungsi sebagai platform untuk menjembatani perbedaan dan mengurangi gesekan antar peradaban.

Sementara itu, Bilawal bertemu dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud, dan bertukar pandangan tentang berbagai aspek hubungan bilateral serta situasi regional dan isu-isu global. Bilawal menyampaikan salam dan harapan terbaik untuk Penjaga Dua Masjid Suci Baginda Raja Salman bin Abdulaziz dan Yang Mulia Putra Mahkota Mohammad bin Salman. Dia juga menghargai visi dan upaya kepemimpinan Saudi untuk kemajuan dan pengembangan Kerajaan dan perdamaian regional.

Menteri luar negeri juga menjelaskan kepada Yang Mulia tentang situasi banjir yang sedang berlangsung dan tantangan yang dihadapi Pakistan dalam bantuan, rehabilitasi dan rekonstruksi. Dia berterima kasih kepada kepemimpinan dan rakyat Kerajaan atas dukungan murah hati mereka untuk Pakistan setelah banjir baru-baru ini.

Kedua menteri luar negeri menekankan pentingnya hubungan Pakistan-Arab Saudi dan sepakat lebih jauh untuk memperdalam kerja sama timbal balik di semua bidang termasuk ekonomi, perdagangan, energi dan investasi.

Menteri luar negeri Saudi menyampaikan belasungkawa atas hilangnya nyawa yang berharga. Dia juga menyatakan keprihatinan atas kerusakan infrastruktur. Dia meyakinkan menteri luar negeri Pakistan tentang dukungan penuh kerajaan sehubungan dengan upaya bantuan, rehabilitasi dan rekonstruksi.

Sementara itu, Bilawal mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Hassan Shoukry dan meninjau seluruh spektrum hubungan bilateral dan sepakat untuk meningkatkan frekuensi pertukaran politik bilateral.

Mereka menggarisbawahi perlunya peningkatan kerja sama terkait perdagangan, pertahanan, kontraterorisme, pendidikan, budaya, dan pariwisata. Kedua pemimpin juga bertukar pandangan tentang perkembangan penting di Afghanistan dan kawasan serta meningkatnya ketegangan global. Mereka menekankan pentingnya menemukan solusi damai untuk konflik dan perselisihan melalui cara-cara diplomatik.

Menlu juga memastikan dukungan penuh Pakistan kepada Mesir sebagai Ketua Konferensi Perubahan Iklim CoP-27. Dia menambahkan bahwa Pakistan akan berkontribusi pada keberhasilan konferensi dengan berpartisipasi di tingkat tertinggi, dan memproyeksikan pandangan negara-negara berkembang dalam kapasitasnya sebagai Ketua Kelompok 77 dan China saat ini.[ros]


Komentar Pembaca
Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Rabu, 30 November 2022 | 18:10

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Selasa, 29 November 2022 | 18:55

PC Sering Pergi dengan Brigadir J, Sambo Selalu Pulang Malam
Makkah dan Madinah akan Diguyur Hujan Deras pada Selasa-Rabu

Makkah dan Madinah akan Diguyur Hujan Deras pada Selasa-Rabu

Kabar Tanah SuciMinggu, 27 November 2022 | 19:43

Anne Ratna Mustika Sebut Dedi Mulyadi Masih Punya Hutang Miliaran
Lho... Komaruddin Tidak Ingin Ferdy Sambo Dihukum Mat

Lho... Komaruddin Tidak Ingin Ferdy Sambo Dihukum Mat

HukumMinggu, 27 November 2022 | 12:05

 Mauna Loa, Gunung Api Terbesar di Dunia Meletus

Mauna Loa, Gunung Api Terbesar di Dunia Meletus

InternasionalKamis, 01 Desember 2022 | 12:50

Menguatkan Dua Sisi Iman

Menguatkan Dua Sisi Iman

KajianJumat, 02 Desember 2022 | 19:00

OJK: Jaminan Kesejahteraan Masyarakat di Perbankan Syariah Lebih Baik

OJK: Jaminan Kesejahteraan Masyarakat di Perbankan Syariah Lebih Baik

Ekonomi SyariahJumat, 02 Desember 2022 | 18:30

Ditolak RS Inggris, Bocah Muslim Meninggal 10 Hari Kemudian

Ditolak RS Inggris, Bocah Muslim Meninggal 10 Hari Kemudian

InternasionalJumat, 02 Desember 2022 | 18:00

Innalillahi..Mantan Menteri ATR Meninggal di Basement Hotel Bidakara
Laksamana Yudo: 1991 Saya Sudah Bersatu dan Solid dengan Polri