Nikahilah Perempuan yang Bukan Kerabat Dekat

Kajian  SENIN, 26 SEPTEMBER 2022 | 10:30 WIB

Nikahilah Perempuan yang Bukan Kerabat Dekat

Dalam Islam sudah ditetapkan orang-orang yang haram dinikahi, artinya siapapun di luar kelompok itu boleh dijadikan suami atau istri. Mengenai memilih calon istri ini, Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya' Ulumiddin menulis adab-adab perkawinan.

Ustaz Muhammad Hanif Rahman, Dosen Ma'had Aly Al-Iman Bulus dan Pengurus LBM NU Purworejo, dilansir dari laman NU Online, Senin (26/9/2022), menjelaskan salah satu dari adab itu, menurut Imam Al Ghazali, lelaki yang akan menikah hendaknya memilih calon istri bukan kerabat dekat.

Menurut Imam Al-Ghazali, menikahi kerabat dekat akan meminimalisir syahwat. Pernyataan beliau ini disandarkan pada hadits Nabi SAW
 لا تنكحوا القرابة القريبة فإن الولد يخلق ضاويا

Artinya, "Janganlah kalian menikahi kerabat dekat, karena anak akan tercipta (terlahir) dalam kondisi lemah (kurus kerempeng).”

Imam Al-Ghazali menjelaskan, anak yang terlahir dari pasangan kerabat dekat akan menjadi lemah, karena syahwat biologis hanya akan bangkit sebab kuatnya pengaruh indera penglihatan dan penyentuhan, sementara pengaruh indera penglihatan dan penyentuhan hanya akan menjadi kuat sebab melihat dan menyentuh sesuatu yang asing dan baru. (Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali, Ihya' Ulumiddin, [Beirut, Darul Ma'rifah], juz II halaman 41).

Agak berbeda, menurut Al-Bujairami ketidakbolehan (dalam taraf hukum makruh) menikahi kerabat dekat, karena umumnya anak yang dilahirkan dari pasangan seperti itu akan menjadi anak yang bodoh atau bernalar rendah. (Sulaiman bin Muhammad bin Umar Al-Bujairami, Hasyiyah al-Bujairimi 'ala Syarhi Minhaj, [Beirut, Matba'ah Al-Halabi], juz III, halaman 323).

Anjuran tidak menikahi kerabat dekat dari Imam Al-Ghazali sesuai dengan pendapat Imam As-Syafi’i sebagaimana dikutip oleh Al-Khatib as-Syirbini:
 أَنَّ الشَّافِعِيَّ نَصَّ عَلَى أَنَّهُ يُسْتَحَبُّ لَهُ أَنْ لَا يُزَوِّجَ مِنْ عَشِيرَتِهِ

Artinya, “Sungguh Imam As-Syafi'i menyatakan secara terang-terangan bahwa bagi calon suami disunahkan tidak menikahi kerabat(dekat)nya."

Anjuran tidak menikahi kerabat dekat tidak dapat disanggah dengan pernikahan Nabi SAW dan sepupunya yaitu Zainab binti Jahsy, yang tidak lain adalah anak saudara ayahnya, Umaimah binti Abdul Muthalib. Pernikahan Nabi dan Zainab ini tidak menjadi soal, karena pernikahan tersebut justru untuk menjelaskan kebolehannya.

Demikian pula pernikahan Sayyidina Ali bin Abi Thalib dengan Sayyidah Fatimah. Selain untuk menjelaskan kebolehannya, keduanya termasuk saudara jauh, karena Sayyidah Fatimah merupakan putri Rasullah SAW yang merupakan paman Sayyidina Ali. (Al-Khatib As-Syirbini, Mugnil Muhtaj, [Beirut, Dar Kutub Ilmiyah: 1415 H], juz IV, halaman 208).

Kerabat Dekat yang Dianjurkan untuk Tidak Dinikahi
Sayyid Bakri Syatha menjelaskan, yang dimaksud kerabat dekat adalah wanita yang masih dalam derajat atau urutan pertama jalur paman dan bibi dari ayah atau ibu. Ia mengatakan:
 قوله: (من هي في أول درجات العمومة والخؤولة) أي كبنت العم وبنت الخال وبنت العمة وبنت الخالة Artinya, "Perkataan penulis kitab Fathul Mu'in: 'Saudara dekat adalah wanita yang masih dalam derajat pertama jalur paman dan bibi dari ayah dan ibu), yakni semisal anak perempuan paman dari jalur ayah, anak perempuan paman dari jalur ibu, anak perempuan bibi dari jalur ayah, dan anak permpuan bibi dari jalur ibu.”

Di Indonesia hubungan kekerabatan seperti itu lazim dikenal dengan istilah adik atau kakak sepupu. Adapun saudara perempuan jauh adalah perempuan yang tidak pada derajat atau urutan pertama. Semisal cucu perempuan paman atau bibi dari jalur ayah, dan cucu perempuan paman atau bibi dari jalur ibu. (Abu Bakar Utsman bin Muhammad Syatha, I'anatut Thalibin, [Bairut, Dar-Fikr: 1418 H], jus 3 halaman 313). [ros]


Komentar Pembaca
Dokter Richard Lee Sebut Skincare Pakai Micin Aman, Asal...

Dokter Richard Lee Sebut Skincare Pakai Micin Aman, Asal...

KesehatanKamis, 24 November 2022 | 09:10

Ria Ricis Buat Moana Tertawa Terbahak-bahak Dikritik, Kenapa?

Ria Ricis Buat Moana Tertawa Terbahak-bahak Dikritik, Kenapa?

IslamtainmentKamis, 24 November 2022 | 06:40

Makkah Hujan, Sekolah dan Universitas Diliburkan

Makkah Hujan, Sekolah dan Universitas Diliburkan

Kabar Tanah SuciKamis, 24 November 2022 | 13:40

Anne Ratna Mustika Sebut Dedi Mulyadi Masih Punya Hutang Miliaran
Makkah dan Madinah akan Diguyur Hujan Deras pada Selasa-Rabu

Makkah dan Madinah akan Diguyur Hujan Deras pada Selasa-Rabu

Kabar Tanah SuciMinggu, 27 November 2022 | 19:43

MUI akan Sebarkan Islam Wasathiyah ke Seluruh Dunia

MUI akan Sebarkan Islam Wasathiyah ke Seluruh Dunia

POLKAMSelasa, 29 November 2022 | 23:50

Awal Januari, Kemenag Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah Haji

Awal Januari, Kemenag Rekrut Petugas Pembimbing Ibadah Haji

NasionalSelasa, 29 November 2022 | 23:30

Imam Al-Hasan Al-Bashri Aplikasikan Ihsan dalam Muamalah

Imam Al-Hasan Al-Bashri Aplikasikan Ihsan dalam Muamalah

KajianSelasa, 29 November 2022 | 23:10

Hilman Latief: Penggunaan Nilai Manfaat Dana Haji Perlu Diproporsionalkan
Indonesia Ajak Negara-negara OKI Memajukan Industri Halal

Indonesia Ajak Negara-negara OKI Memajukan Industri Halal

Ekonomi SyariahSelasa, 29 November 2022 | 22:26