Dugaan Korupsi Lukas Enembe Capai 566 M, Ini Penjelasan Menko Polhukam

Hukum  JUMAT, 23 SEPTEMBER 2022 | 16:15 WIB

 Dugaan Korupsi Lukas Enembe Capai 566 M, Ini Penjelasan Menko Polhukam

foto/net

 Gubernur Papua, Lukas Enembe diduga telah melakukan tindak korupsi hingga ratusan Miliar. Karenanya, Lukas Enembe harus mempertanggung-jawabkan perbuatannya tersebut.

Menko Polhukam RI, Mahfud MD pun mendukung penuh aparat penegak hukum melakukan penangkapan dan pemeriksaan terhadap Gubernur Papua, Lukas Enembe yang sekarang berstatus sebagai tersangka.

Gubernur Papua itu, diduga terlibat korupsi besar di Papua. Bukan hanya berkaitan dengan transferan Rp 1 Miliar yang masuk ke rekeningnya, melainkan juga ihwal anggaran dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua. 

"Di Papua, dana Otsus yang telah digelontorkan pemerintah pusat hingga triliunan rupiah, tetapi rakyatnya tetap miskin dan tidak jadi apa-apa," kata Mahfud MD, di Gedung Pascasarjana Universitas Islam Malang, seperti dilansir dari jpnn, Jumat (23/9/2022).

Dana Otsus yang dimaksud tersebut mulai disalurkan sejak awal-awal reformasi, yaity sekitar tahun 2001. Namun, dana itu justru tidak menciptakan kesejahteraan dan pembangunan. Dana besar tersebut justru malah dibuat kepentingan kelompok dan pribadi pejabat daerah di Papua. 

"KPK menetapkan Lukas Enembe sebagai tersangka uang transfer sebanyak Rp 1 Miliar, tetapi itu bukti awal dan indikasi korupsinya sangat besar, karena uang besarnya hanya untuk foya-foya pejabatnya," tambah Menko Polhukam itu. 

Mahfud MD juga menyatakan, selama periode kepemimpinannya, Gubernur Lukas Enembe diduga terlibat korupsi yang sangat besar, hingga ratusan triliun rupiah. Meski dapat dukungan dan halangan dari warga setempat untuk dijemput oleh aparat, tetapi Mahfud menegaskan, bahwa  proses hukum tetap berlanjut.

"Selama periode Lukas Enembe, ada transfer anggaran dari pemerintah pusat ke Papua sebanyak Rp 566 Miliar, tetapi bentuknya tidak ada," imbuh Mahfud MD. 

"Dan ada Rp 71 Miliar uang kontan sudah diblokir oleh pemerintah," pungkasnya. [mt]


Komentar Pembaca
Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Suporter Asal Meksiko Menjadi Mualaf

Rabu, 30 November 2022 | 18:10

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Lebih Memilih Al-quran Daripada Hp

Selasa, 29 November 2022 | 18:55