Sebelum Adopsi Anak, Perlu Perhatikan Hal Ini

Islamtainment  KAMIS, 22 SEPTEMBER 2022 | 09:10 WIB

Sebelum Adopsi Anak, Perlu Perhatikan Hal Ini

Net

Artis Ajun Perwira sudah menikah dengan Jennifer Jill selama tiga tahun, tapi belum dikaruniai seorang anak. Baru-baru ini Ajun mengungkapkan keinginannya untuk mengadopsi anak.

Ajun Perwira mengaku keinginannya mengadopsi anak karena dirinya mau belajar untuk bisa lebih bertanggung jawab dalam berumah tangga. Oleh sebab itu, suami Jennifer Jill ini sedang berusaha mencari-cari panti asuhan yang tepat untuk mengadopsi anak

"Iya, lagi searching mau adopsi anak dulu. Supaya, lebih ada tanggung jawabnya aja gitu," kata Ajun Perwira mengutip dari tayangan dari Star Story, Rabu (21/9/2022).

Sementara itu, sang istri Jennifer Jill atau akrab disapa Mami Ipel mengaku tidak keberatan dengan keinginan Ajun Perwira. Ia menegaskan, selama Ajun bisa membuktikan hal tersebut, ia sangat mempersilakan.

Ajun sendiri menjelaskan, mengadopsi anak juga bukan perkara yang mudah, butuh banyak hal yang dipersiapkan untuk bisa benar-benar siap melakukannya.

"Jadi, Ajun kan selalu bilang miracle of God, semuanya mukjizat. Tapi, kalau ada usahanya kan enggak ada mukjizatnya. Jadi, gue selalu bilang elu buktiin aja," ujar Jennifer Jill.

"Ya, tapi kan enggak semudah itu kayak balikin telapak tangan. Kan harus klik dulu sama anaknya, harus cocok," sahut Ajun Perwira.

Mengadopsi anak pada kenyataannya memang bukan hal yang mudah. Diperlukan berbagai persiapan khusus untuk calon orang tua benar-benar sisp mengadopsi seorang anak. Lalu apa saja sih hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum mengadopsi seorang anak. 

Mengutip Halodoc, berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mengadopsi seorang anak.

1. Menyiapkan mental

Mengadopsi seorang anak bukanlah sebuah hal yang mudah. Apalagi, hal ini belum banyak dilakukan orang lain. Itu juga akan berisiko membuat pembicaraan orang lain. Oleh sebab itu, calon orang tua penting untuk mempersiapkan mentalnya hingga benar-benar siap menjadi orang tua angkat anak adopsinya nanti.

2. Pertimbangkan dengan matang

Usahakan sebelum mengadopsi anak, pertimbangkan segala sesuatunya dengan matang, mulai dari mental, fisik, hingga finansial untuk memenuhi kebutuhannya. Pastikan juga keinginan mengadopsi tersebut karena memang benar-benar yakin.

3. Konsultasi terlebih dahulu

Berkonsultasi dengan psikolog juga akan sangat membantu membuat calon orang tua benar-benar siap mengadopsi seorang anak. Biasanya psikolog akan memberikan saran untuk menjadi orang tua yang baik serta pendekatan terhadap anak angkatnya nanti. Hal itu juga akan mendorong orang tua benar-benar siap menerima, mengasuh, dan mengasihi anak yang diadopsinya.

4. Ikut kelas mengasuh bayi

Mengadopsi seorang anak terkadang dilakukan saat dirinya masih bayi. Dalam hal ini calon orang tua dapat mengikuti kelas mengasuh bayi dengan benar dan baik. Hal tersebut akan sangat membantu calon orang tua mengetahui mengasuh bayi yang diadopsinya dengan baik.

5. Hindari minta balas budi

Calon orang tua harus ingat, mengadopsi anak bukan berarti ia akan memiliki hutang yang harus dibayarkan saat dewasa. Pada dasarnya menjadi orang tua angkat tidak ada bedanya dengan orang tua biasa. Oleh karena itu, segala kasih sayang yang diberikan semuanya harus tulus tanpa minta balas budi anak di masa depan. [Irm]


Komentar Pembaca