Lagi, Diklaim Pejabat Indonesia Temui Presiden Israel

POLKAM  RABU, 21 SEPTEMBER 2022 | 07:00 WIB

Lagi, Diklaim Pejabat Indonesia Temui Presiden Israel

Untuk kesekian kalinya media Israel menyebutkan, Indonesia dengan negara zionis itu tengah berusaha menjalin hubungan resmi. Kali ini diberitakan, seorang pejabat senior Indonesia akan bertemu secara rahasia dengan Presiden Isaac Herzog di Israel.

Mengutip sumber, media Israel i24NEWS melaporkan pada Selasa (20/9/2022), "Pada awal tahun 2022, seorang pejabat tinggi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Israel mengonfirmasi selama briefing bahwa Israel dan Indonesia bekerja di belakang layar menuju normalisasi hubungan, dengan Amerika Serikat bertindak sebagai mediator."

Terkait kabar kunjungan rahasia tersebut, Pemerintah Indonesia buka suara. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengaku tidak mengetahui pertemuan yang disebut diikuti oleh pejabat senior RI itu.

"Saya tidak tahu menahu hal yang diberitakan tersebut," katanya mengisyaratkan bahwa pejabat yang dimaksud bukan resmi dari Pemerintah RI.

Media Israel itu tidak hanya menyebutkan pejabat Indonesia, melainkan delegasi Pakistan tengah berada di negara Yahudi tersebut. Delegasi Pakistan dipimpin Nasim Ashra, mantan menteri negara di era pemerintahan mantan perdana menteri Imran Khan, lapor i24NEWS yang berbasis di ‘Israel’.

Selama kunjungan mereka ke ‘Israel’, delegasi Pakistan diberikan tur keliling ‘Israel’. Mereka juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Isaac Herzog akhir pekan ini, tambah laporan itu. Laporan tersebut lebih lanjut mencatat bahwa delegasi tersebut termasuk seorang jurnalis yang berbasis di Karachi.

Pada bulan Juni, jurnalis Pakistan Ahmed Quraishi dipecat dari acaranya di televisi pemerintah Pakistan karena mengunjungi ‘Israel’ sebulan sebelumnya. Delegasi Indonesia di ‘Israel’ dipimpin oleh seorang “pejabat senior”.

Laporan oleh media ‘Israel’ terkait kehadiran diplomatik dua negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia di ‘Israel’ datang di tengah pemanasan hubungan baru-baru ini antara ‘Israel’ dan Indonesia.

Serangkaian pertemuan, pernyataan, dan laporan baru-baru ini dalam beberapa bulan terakhir tahun 2021 menunjukkan bahwa ‘Israel’ dan Indonesia telah tumbuh lebih dekat, dengan kerja sama dalam perdagangan dan pariwisata yang lazim.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga mengangkat kemungkinan normalisasi hubungan diplomatik Indonesia dengan ‘Israel’ dalam pertemuan dengan para pejabat di Jakarta pada bulan Desember.[ros]


Komentar Pembaca